Salin Artikel

Soal Larangan Buka Puasa Bersama, Bupati Jayapura Imbau Warga Kurangi Kegiatan Berkunjung secara Berkelompok

Menanggapi hal ini, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengungkapkan bahwa penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura telah mengalami penurunan.

Awoitauw menegaskan selama bulan, puasa pihaknya akan terus melakukan vaksinasi dan mengimbau warga memperketat protokol kesehatan.

"Kami saat ini terus mendorong vaksinasi bagi semua warga. Selain itu, kami mendorong warga untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) selama perayaan ibadah puasa di Jayapura," katanya saat dihubungi Kompas.com melalui telepon selulernya, Sabtu (26/03/2022).

Jangan dipaksakan

Awoitauw mengatakan meski angka kasus Covid-19 di Kabupaten Jayapura saat ini mengalami penurunan, tetapi kegiatan saling berkunjung yang biasanya dilakukan secara berkelompok atau rombongan, harus dikurangi.

Menurutnya, kegiatan tidak perlu dipaksakan. Sebab bisa berpotensi meningkatkan kasus Covid-19 di Kabupaten Jayapura.

"Tidak harus dipaksakan. Karena kita punya kebiasaan jalan berkunjung ke rumah-rumah dengan rombongan-rombongan tentunya jangan dipaksakan, tetapi biasa saja. Tidak seperti yang kemarin-kemarin," tutur bupati dua periode ini.


Awoitauw mengemukakan, kebiasaan masyarakat yang saling berkunjung secara rombongan atau kelompok ini yang harus dipantau secara terus-menerus di Kabupaten Jayapura. 

"Palingan saling berkunjung antara keluarga dan masyarakat saat Lebaran nanti inilah yang kita mengingatkan secara terus-menerus," katanya.

Keberagaman 

Awoutauw mengungkapkan, Pemkab Jayapura sudah mencanangkan Jayapura sebagai Zona Integritas Kerukunan Umat Beragama di Indonesia, khususunya Papua pada 29 Mei 2016.

"Ini tetap menjadi spirit untuk kita bagaimana setiap ibadah rutin maupun ibadah hari raya tertentu dari berbagai agama punya ruang yang sama untuk bisa merasakannya," ungkapnya.

Awoutauw mengatakan, setiap umat beragama saling mendukung dan menjaga toleransi satu dengan yang lainnya.

"Kita bisa lihat toleransi antara umat beragama itu sudah terjadi sejak lama. Kita bisa lihat misalnya Lebaran besok bisa saling berkunjung dan hal ini sudah menjadi model," ujarnya.

"Keberagaman yang harmoni. Hal ini semua agama mengajarinya sebagai satu yang utuh dan tidak bisa kita beda-bedakan, karena Tuhan tidak pernah membedakan hal tersebut," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/26/145307978/soal-larangan-buka-puasa-bersama-bupati-jayapura-imbau-warga-kurangi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke