Salin Artikel

KSAD TPN-PB Kembali ke Pangkuan NKRI, Ini Kata Akademisi Uncen Papua

Alex juga menyerahkan sejumlah barang, yakni dokumen-dokumen TPN-PB, peluru hampa 20 butir, serta baju loreng berpangkat jenderal bintang 3.

Penjelasan akademisi

Akademisi Universitas Cenderawasih, Muliadi Anangkota menjelaskan, kembalinya Alex Makabori lantaran dukungan dan permintaan dari keluarga sebenarnya merupakan sesuatu yang lumrah.

“Dengan dukungan keluarga kepada Bapak Alex Makabori untuk kembali ke pangkuan NKRI, sebenarnya merupakan bagian dari kesan positif yang dilakukan, sehingga tidak ada lagi anggapan yang negatif terhadap keluarga Alex Makabori,” jelasnya saat dihubungi Kompas.com melalui telepon selulernya, Jumat (25/03/2022).

“Secara psikologis ke depan tidak ada anggapan negatif terhadap keluarga Alex Makabori, misalnya dalam mencari pekerjaan dan lain sebagainya bisa lebih mudah lantaran kembalinya Bapak Alex Makabori ke pangkuan NKRI,” tambahnya.

Menurut Muliadi, adat istiadat yang dimiliki oleh Alex Makabori selalu melekat, meskipun sebelumnya terpisah secara ideologi politik atau berbeda paham.

Hal inilah yang mendorong Alex Makabori untuk kembali ke pangkuan NKRI.

“Budaya dan adat istiadat yang ada di Alex Makabori selalu melekat, sehingga mendorong dirinya untuk kembali ke pangkuan NKRI. Sama seperti misalnya dulu almarhum Nicolaus Youwe yang kembali ke pangkuan NKRI,” tuturnya.


Kembali ke tengah masyarakat

Dosen Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih ini mengemukakan, faktor usia dan lingkungan di sekitarnya juga berperan besar.

“Mudah-mudahan keputusan yang diambil Alex Makabori ini benar-benar NKRI dan tetap mempertahankannya ke depan. Karena kalau sudah memilih ke NKRI, maka kembali lagi akan sangat sulit,” kata Muliadi.

Muliadi mengungkapkan, kini Alex akan memulai kehidupan seperti biasanya di tengah-tengah masyarakat. 

“Asas manfaat tentunya ada dua, dari pemerintah dan pak Alex Makabori sendiri. Kalau pemerintah dengan kembalinya Pak Alex tentunya apa yang didapatkan dari pemerintah merupakan tren positif karena ada warga yang selama ini berseberangan bisa kembali ke NKRI,” ungkapnya.

“Manfaat yang berikut adalah mereka-mereka yang bersebarangan bisa diterima ketika menjalankan kehidupannya kembali ke masyarakat dan bisa mendapatkan hak dan kewajibannya sebagai warga negara,” tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/25/195949478/ksad-tpn-pb-kembali-ke-pangkuan-nkri-ini-kata-akademisi-uncen-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke