Salin Artikel

Sambut Delegasi G20, Gibran Bersama Mangkunegara X Bersihkan Pawedan Pura Mangkunegaran Solo

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo kerja bakti membersihkan rumput di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Jumat (25/3/2022).

Kerja bakti juga diikuti Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Solo AKBP Gatot Yulianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gatot Sutanto dan lain-lain.

Kerja bakti dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga selesai sekitar pukul 09.00 WIB.

Gibran dan Mangkunegara X membersihkan rumput yang tumbuh di sela paving Pawedan Pura Mangkunegaran dengan menggunakan sabit.

Gibran juga tidak canggung menggunkan cangkul untuk mengambil tumpukan rumput bercampur tanah ke tempat sampah.

Seusai kerja bakti, Gibran menyampaikan rencananya kerja bakti akan dilaksanakan secara rutin setiap dua pekan sekali.

Adapun kerja bakti ini dilakukan juga sekaligus untuk persiapan menyambut delegasi G20.

"Hari ini keroyokan DLH, Brimob, TNI/Polri, DPUPR, PDAM, Damkar pokoknya semua kami kerahkan di sini biar Pura Mangkunegaran lebih bersih lagi sama persiapan untuk G20," kata Gibran.

Menurut putra sulung Presiden Jokowi itu, Pura Mangkunegaran disiapkan untuk menyambut para delegasi G20 dalam acara gala dinner.

Para delegasi G20 ini rencananya akan menyelenggarakan Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) Group of Twenty atau G20 yang berlangsung tiga hari mulai 29-31 Maret 2022.


"Menggu depan kami ada royal gala dinner delegasi G20. Maka kami pergunakan sebaik mungkin untuk mengenalkan budaya Kota Solo," ungkap dia.

Di sisi lain, kata Gibran, keberadaan Pawedan Pura Mangkunegaran bisa dimanfaatkan sebagai ruang publik untuk berbagai kegiatan atau event kebudayaan baik skala nasional maupun internasional.

"Kayak dululah ada event SIPA, SIEM. Makanya kami bersihkan dulu," kata dia.

KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo mengatakan, Pawedan Pura Mangkunegaran bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari masyarakat.

Dengan digunakan kegiatan sehari-hari, maka masyarakat akan bisa lebih mengenal terhadap Pura Mangkunegaran.

"Ke depan tempat ini (Pawedan) bisa digunakan untuk tempat berkegiatan sehari-hari masyarakat, bisa untuk berkumpul, berolahraga dan sebagainya. Dan itu sudah berjalan untuk beberapa waktu ini," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/25/111908078/sambut-delegasi-g20-gibran-bersama-mangkunegara-x-bersihkan-pawedan-pura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke