Salin Artikel

Saat Kepala Desa di Pulau Semau NTT Harus Jadi Guru Bahasa Inggris...

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Desa Letbaun, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Carlens Herison Bising, terbiasa meluangkan waktunya untuk mengajar Bahasa Inggris di salah satu Sekolah Dasar (SD) di desanya.

Kegiatan itu rutin dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk mendukung pendidikan dasar di desa tersebut.

"Ini bagian dari keterpanggilan saya sebagai pemimpin di desa ini, karena basic saya adalah sarjana Sastra Inggris," kata Carlens kepada Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Menurut Carlens, salah satu keterampilan yang sangat penting untuk anak usia dini adalah Bahasa Inggris. Karena itu, ia selalu menyisihkan waktunya untuk mengajar di SD Negeri Letbaun.

"Ini secara sukarela. Setiap Rabu. Sekaligus untuk mendukung program English Day Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat," jelas Carlens.

Pria yang sebelumnya menjadi wartawan itu mengatakan, tidak ada mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat SD. Padahal menurutnya, anak-anak lebih mudah memahami dasar-dasar pelajaran bahasa saat masih di usia dasar.

Apalagi, saat ini Pulau Semau menjadi salah satu tujuan wisata. Ke depan, Carlens menyebut, akan banyak wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke lokasi itu.

"Bayangkan, untuk membaca abjad saja anak-anak belum bisa. Mereka ada yang kelas 6, kelas 5 dan kelas 4. Ini tanggung jawab bersama. Dan, saya mau membangun kesadaran, baik kepada siswa maupun orangtua siswa bahwa Bahasa Inggris itu sangat penting untuk saat ini dan masa depan," jelas Carlens.

Rencananya, Carlens juga akan mengajar Bahasa Inggris untuk anak di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Ke depan saya juga akan mengajar di PAUD Desa Letbaun. Ini komitmen saya untuk mendukung pendidikan usia dini," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/24/061401578/saat-kepala-desa-di-pulau-semau-ntt-harus-jadi-guru-bahasa-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke