Salin Artikel

Buaya Kembali Muncul di Permukiman Warga di Sangatta Kutim Saat Banjir

Buaya tersebut terlihat berenang di permukiman warga yang masih tergenang banjir.

Salah satu anggota Damkar bernama Saudin membenarkan kejadian itu. Ia mengatakan buaya kerap muncul di kawasan penduduk beberapa hari terakhir saat banjir melanda.

Bahkan, Saudin sendiri sempat melihat kemunculan buaya tersebut. "Iya benar, informasi dari RT setempat memang begitu. Tadi malam juga kita mengecek ke lokasi, buaya ini juga muncul," tuturnya pada Selasa (22/3/2022).

Saudin mengatakan, buaya tersebut berukuran sekira 1,5 meter yang muncul di Jalan Munthe, Kecamatan Sangatta Utara pada Senin sore (21/3/2022).

Kemunculan buaya tersebut sempat direkam oleh warga hingga akhirnya viral di media sosial. "Buaya itu berenang dari kawasan banjir menuju rumah warga. Memang di kawasan itu ada sungainya," tuturnya.

Anggota Damkar belum berani melakukan evakuasi lantaran kondisi Sangatta masih terendam banjir. Wajar saja, petugas Damkar khawatir kondisi banjir dapat membahayakannya.

"Kami hanya bisa memberikan imbauan kepada warga sekitar, khususnya anak-anak untuk tidak bermain atau berenang di kawasan banjir yang terdapat buaya," ujarnya.

Saat ini kondisi banjir masih melanda Sangatta. Petugas Damkar masih disibukkan melakukan penanganan di beberapa titik banjir termasuk melakukan evakuasi warga.

Meski begitu, pihak Damkar telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk membantu melakukan penanganan terhadap kemunculan buaya tersebut.

"Mungkin selanjutnya kita akan berkoordinasi ke pihak BKSDA Kaltim agar dapat melakukan evakuasi terhadap buaya-buaya yang masuk ke pemukiman wargam," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/23/112517978/buaya-kembali-muncul-di-permukiman-warga-di-sangatta-kutim-saat-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke