Salin Artikel

Banjir di Kuta Mandalika, Polisi Sebut karena Penyempitan Sungai

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Banjir kembali menerjang Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (22/3/2022).

Banjir yang membawa material lumpur itu diperkirakan mencapai ketinggian lebih dari 1 meter dan merendam lima dusun yang ada di Desa Kuta, yakni Dusun Baturiti, Mong, Emate, Merendeng  dan Mengalung.

Kepolisian Sektor (Polsek) Mandalika mengungkapkan banjir tersebut disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi yang melanda wilayah tersebut. Selain itu, kondisi aliran sungai yang menyempit juga menjadi penyebab terjadinya banjir.

"Ketika itensitas curah hujan tinggi beberapa kali mengalami banjir yang diperkirakan karena ruas sungai yang terlalu kecil dan  tidak mampu menampung debit air yang tinggi sehingga meluap ke permukiman warga," kata Kapolsek Kawasan Mandalika, Iptu I Made Dimas dalam keterangan tertulis, Rabu (23/3/2022).

Dimas menjelaskan bahwa di wilayah Kuta, pembangunan sangat masif. Diduga, pembangunan itu tanpa mempertimbangkan wilayah sepadan sungai.

"Pembangunan yang cukup pesat dan tidak didukung dengan sistem saluran air yang memadai diperkirakan juga bisa menjadi penyebab sering terjadinya banjir di seputaran Desa Kuta," ungkap Dimas.

Banjir tersebut dikabarkan surut pada pukul 17.30 Wita, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Pihaknya saat ini telah melakukan pertolongan kepada warga untuk membersihkan lumpur yang masuk ke dalam rumah akibat banjir.

"Termasuk juga banjir dengan lumpur ini disebabkan galian di Bukit Mong dan Lenser," ungkap Mirate.

Selain itu, Mirate juga mengungkapkan bahwa banjir juga disebabkan oleh masifnya penanaman jagung di wilayah perbukitan.

Disampaikan Mirate, sebelum terjadi banjir, pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) NTB telah melakukan pendalaman sungai dengan menggunakan alat berat.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/23/073123678/banjir-di-kuta-mandalika-polisi-sebut-karena-penyempitan-sungai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke