Salin Artikel

Sempat Klaim Tak Ada Gagal Panen, Kini Pemkab Purworejo Sebut Petani Rugi Rp 19 Miliar karena Banjir

Namun berdasarkan data terakhir, kerugian sektor pertanian yang terinventarisasi mencapai Rp 19.4 Miliar.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Purworejo Eko Anang menerangkan, ada sekitar 1.945 hektar tanaman padi dan palawija yang terdampak banjir secara langsung dalam beberapa hari lalu.

Sebaran ribuan hektar lahan pertanian yang terdampak ada di tujuh kecamatan dalam Kabupaten Purworejo.

"Benar tidak puso tetapi tetap terjadi kerusakan ringan, sedang dan berat," kata Eko pada Selasa (22/3/2022).

Tanaman padi dan palawija yang terdampak banjir disebut terbagi atas tiga kategori, kerusakan ringan seluas 570 hektar, sedang 242 hektar dan berat 1.133,5 hektar.

Kategori rusak berat paling banyak di Kecamatan Grabag mencapai 645 hektar, kemudian Kecamatan Butuh 350 hektar, dan Kecamatan Pituruh 134,5 hektar.

"Untuk komoditas padi yang terdampak banjir meliputi Kecamatan Pituruh, Banyuurip, Butuh, Kemiri, dan Grabag. Sementara palawija (kacang tanah, cabai, dan jagung) total yang terdampak langsung ada 31 hektar tersebar di wilayah Kecamatan Purwodadi, Bagelen, dan Pituruh," katanya.

Sementara itu untuk nilai kerugian paling banyak dialami oleh petani daerah Kecamatan Pituruh dengan nilai 12,2 miliar dan diikuti oleh Grabag dengan total nilai kerugian mencapai 3,8 miliar.


Untuk desa yang terdampak kerugian akibat banjir tersebut mencapai 92 desa di tujuh kecamatan.

Pihaknya mengimbau untuk tanaman yang sudah waktunya panen dan masih tergenang segera dipanen untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Untuk tanaman yang roboh agar segera diselamatkan apabila masih memungkinkan.

"Tanaman yang masih muda mati atau rusak kalau memungkinkan dilakukan penyulaman atau penggatian tanaman, kita juga sudah sampaikan data luas tanaman terdampak dan kerugian petani ke bupati," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/22/131138178/sempat-klaim-tak-ada-gagal-panen-kini-pemkab-purworejo-sebut-petani-rugi-rp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke