Salin Artikel

Pastikan Stok Aman, Kapolda Lampung Minta Masyarakat Tak Belanja Minyak Goreng Berulang Kali

LAMPUNG, KOMPAS.com – Kapolda Lampung, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Hendro Sugiatno meminta masyarakat tidak berbelanja minyak goreng berulang kali untuk mencegah penimbunan. 

Hendro juga memastikan stok minyak goreng di Lampung aman dan cukup memenuhi kebutuhan provinsi.

Ia juga meminta masyarakat tidak panik dengan memborong minyak goreng secara berlebih bahkan menimbun minyak goreng.

"Jangan coba-coba untuk menimbun minyak goreng ini dengan cara belanja berulang kali. Karena borong minyak, dikhawatirkan masyarakat justru menimbun minyak goreng," kata Hendro di Mapolda Lampung, Rabu (16/3/2022).

Hendro sendiri telah meninjau secara langsung proses pengepakan dan stok di gudang produsen minyak goreng, PT Tunas Baru Lampung pada Selasa (15/3/2022) sore.

"Sudah saya lihat langsung produksi minyak goreng, dan bisa dipastikan aman untuk kebutuhan provinsi," kata Hendro.

Dari hasil peninjauan itu, diketahui konsumsi minyak goreng di Lampung mencapai 6 juta liter per bulan, sedangkan hasil produksi seluruh produsen mencapai 9 juta liter.

Untuk PT Tunas Baru Lampung sendiri, kata Hendro, produksi minyak goreng sekitar 120 ribu liter per hari.

"Saya pastikan penyaluran minyak goreng di Lampung langsung dari perusahaan menuju toko retail, sehingga tidak ada rantai distribusi yang panjang," kata Hendro.

Dihubungi secara terpisah, Divisi Pemasaran Tunas Baru Lampung Agus Kurniawan mengatakan, perusahaan telah menyalurkan 3 juta liter minyak goreng kemasan ke seluruh Lampung pada akhir Februari 2022 lalu.

"Sementara ini PT Tunas Baru bisa memproduksi 100 ton per hari atau 100 hingga 120 ribu liter per hari," kata Agus.

Menurut Agus, kapasitas produksi sebenarnya bisa mencapai 300 ton per hari. Namun karena suplai bahan baku masih terbatas, saat ini baru bisa 100 ton per minggu.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/16/104237178/pastikan-stok-aman-kapolda-lampung-minta-masyarakat-tak-belanja-minyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke