Salin Artikel

Berkunjung ke Puncak Waringin Labuan Bajo, Wapres Dorong UMKM Bangkit dan Tumbuh

Pada kunjungan tersebut, Ma'ruf meninjau keberadaan stan UMKM di tempat tersebut. Ma'ruf menyempatkan diri berdialog dengan pelaku UMKM lokal Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Dalam kunjungannya, Ma'ruf didampingi Direktur Perumda Bidadari Sutanto Werry. Sutanto terlihat memperkenalkan para pelaku UMKM dan menjelaskan spot bangunan di tempat tersebut kepada Ma'ruf.

Ma'ruf sangat antusias dan mendukung program kerja Perumda Bidadari dalam menyejahterakan para pelaku UMKM lokal dan membantu memasarkan produk mereka secara online dan offline.

Wapres menyampaikan upaya Perumda Bidadari yang menerbitkan e-Catalogue berisi produk-produk UMKM lokal dan telah memiliki toko online (official store) dengan nama MBARU DAMI di platform Blibli.com, merupakan salah satu upaya dalam mendorong produk UMKM bangkit kembali.

“Masalah pemberdayaan UMKM dan tentu saja terkait produk dalam negeri agar kita bisa lebih baik. Apalagi setelah pandemi UMKM kita mengalami hambatan yang berat. Untuk itu kita dorong supaya bangkit dan terus tumbuh ,” kata Wapres di Labuan Bajo, Selasa.

Ia mengungkapkan, pemerintah tengah melakukan upaya-upaya pemasaran dan digitalisasi agar produk NTT tidak hanya diminati masyarakat dalam negeri, tetapi juga bisa sampai ke luar negeri.

“Apalagi Labuan Bajo punya tempat strategis sebagai tempat wisata sebagai destinasi pariwisata nasional dan tempat pertemuan-pertemuan internasional dan nanti G20 juga akan ada di sini. Selain juga menyediakan tempat, atraksi dan bisa menjadi promosi berbagai produk yang menarik NTT,” ungkapnya.

Wapres berharap kehadiran Puncak Waringin Creative Hub dapat membawa keadilan, baik di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif.

Puncak Waringin diharapkan membantu mengoptimalkan potensi pariwisata yang autentik, serta dapat memperkenalkan kekayaan alam dan budaya lokal.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, menyampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta rombongan yang telah menyempatkan diri mengunjungi Puncak Waringin Creative Hub.

Kunjungan Wapres itu, lanjut dia, diharapkan mampu memberikan energi positif serta membangkitkan rasa optimisme yang tinggi bagi para pelaku UMKM lokal untuk semakin kreatif.

"Semoga dengan adanya dukungan dari beliau, pelaku UMKM lokal semakin bersemangat dan selalu kreatif dalam memasarkan produknya," imbuh Edistasius.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/16/083731078/berkunjung-ke-puncak-waringin-labuan-bajo-wapres-dorong-umkm-bangkit-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke