Salin Artikel

8 Desa di Kebumen Banjir, Tinggi Air Capai 1 Meter, Ratusan Jiwa Diungsikan

KEBUMEN, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur sejak Senin (14/3/2022) malam mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Totok Ari Setiyanto mengatakan, banjir terparah melanda Kecamatan Ayah.

"Banjir terparah ada di Kecamatan Ayah yang menimpa 8 desa. Ketinggian ada yang mencapai 1 meter. Kemudian banjir di Kecamatan Rowokele," kata Totok, kepada wartawan, Selasa (15/3/2022).

Menurut Totok, sebagian warga sudah diungsingkan ke tempat yang lebih tinggi.

Tempat pengungsian di Kecamatan Ayah dipusatkan di balai desa dan gedung serba guna.

Di lokasi tersebut tercatat 211 jiwa mengungsi yang terdiri atas lansia 27 orang, balita (33), dan dewasa (151).

"Data masih terus kami update untuk pendataan. Ada beberapa juga jembatan yang miring tidak bisa dipakai, longsor dan rumah roboh," kata dia.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memerintahkan kepada sekda untuk berkoordinasi kepada semua camat agar segara membuat posko penanganan banjir.

"Kami butuh penanganan cepat dalam penanganan banjir ini, karena semua wilayah di Kebumen banyak yang terkena banjir. Saya minta Pak Sekda segara berkoordinasi dengan camat untuk pendirian posko pengamanan," kata Arif, saat mimpin rapat di pendapa.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/15/112012878/8-desa-di-kebumen-banjir-tinggi-air-capai-1-meter-ratusan-jiwa-diungsikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke