Salin Artikel

Ketatnya Penjagaan di Jalan Menuju IKN Nusantara Saat Rombongan Jokowi Melintas

Pantauan di lokasi, polisi dan anggota TNI berseragam lengkap berdiri di tepi jalan. Setiap dua meter jalan, ada seorang personel aparat keamanan berjaga.

Sepanjang jalan itu, warga juga berkumpul menyambut iring-iringan Jokowi. Banyak warga menggunakan kaos bertulis I Love IKN. Ratusan siswa SD dan SMP juga memadati jalan itu.

Pada setiap titik berkumpul masyarakat, di situ ada personel aparat menjaga. Tugasnya mengendalikan agar tertib.

"Kita sterilisasi di jalur yang dilintasi rombongan. Intruksi tidak ada pemasangan spanduk atau baleho," ungkap Sersan Mayor Maryono dari Kodim 0906/Tenggarong saat ditemui Kompas.com di lokasi, Senin.

Maryono mengatakan pengawalan ketat dilakukan mengikuti tumpuhkan massa, juga gang dan persimpangan.

"Kita lakukan pengendalian masyarakat, jangan sampai ada yang tidak tertib. Karena itu, setiap ada masyarakat berkumpul di situ kami jaga ketat," terang dia.

Tepat pukul 09.31 Wita, Jokowi menggunakan mobil hitam plat Indonesia melintas.

Ia membuka kaca jendela mobil melambaikan tangan. Iring-iringan tak berhenti sepanjang jalan.

Areal titik nol IKN dalam kondisi steril. Tak ada yang masuk dalam areal itu selain Jokowi dan rombongan gubernur dalam prosesi nusantara satu.

Awak media tidak diizinkan masuk, hanya menunggu depan pintu masuk titik nol. Untuk masuk ke dalam jaraknya kurang lebih satu kilometer.


Sebelumnya diberitakan, Panglima Kodam (Pangdam) VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pujo Rumekso mengatakan, telah diterjunkan 2.064 petugas, terdiri dari TNI, kepolisian, dan unsur pemda, untuk menjaga keamanan Kepala Negara dan seluruh undangan.

Penjagaan dilakukan mulai dari kedatangan Presiden dan gubernur dari bandara, di hotel tempat menginap, menuju lokasi, hingga di lokasi tempat berlangsungnya acara.

"Segala kemungkinkan kita antisipasi, dari keberangkatan sampai di lokasi," ungkap Teguh, saat konferensi pers lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu.

Sementara, Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan, seluruh perjalanan Presiden dari tempat penginapan hingga titik IKN akan dikawal terlebih daerah-daerah yang dinilai rawan karena kondisi jalan yang tidak baik.

"Di jalan menuju lokasi tidak mulus, maka kita tempatkan polisi, TNI berseragam. Kita ingatkan ketika melewati jalan dengan kontur yang tidak rata. Kalau tidak salah di km 60-an ada jalan amblas, tapi sudah diperbaiki. Para prinsipnya kita siap," ujar Imam.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/14/103405878/ketatnya-penjagaan-di-jalan-menuju-ikn-nusantara-saat-rombongan-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke