Salin Artikel

Air dari Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu Dikirim ke IKN

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar menyampaikan, kiriman air dan tanah ini merupakan bentuk rangkaian kunjungan Presiden RI Joko Widodo bersama gubernur se-Indonesia ke tanah Borneo.

Nantinya tanah dan air dari seluruh provinsi akan disatukan di IKN Nusantara. 

“Jadi nanti seluruh gubernur akan hadir dan membawa air dan tanah dari daerahnya masing-masing, kemudian disatukan di tanah IKN Nusantara,” ujar Khairil, Jumat (11/3/2022).

Untuk Bengkulu, air yang dikirim berasal dari rumah pengasingan Bung Karno di Anggut Atas. 

Khairil menuturkan, pemindahan ibu kota negara ini perlu mendapat dukungan dari seluruh elemen.

Khusus di Bengkulu sendiri dilakukan ritual pengambilan air dan tanah.

“Pemangku adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga pemerintah hadir untuk prosesi ini. Sebagai wujud dukungan untuk pemerintah pusat membangun IKN Nusantara di tanah Borneo,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu Effendi MS mengungkapkan, prosesi pengambilan air dan tanah ini merupakan tahap awal penyatuan tanah dan air untuk IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Menurutnya, pengambilan air dari rumah pengasingan Bung Karno ini merupakan simbol daerah sekaligus tempat bersejarah. 

“Kita ambil air dari rumah bersejarah perjuangan bangsa Indonesia Bung Karno. Tanpa ada Bengkulu, tanpa ada Fatmawati, maka belum tentu Indonesia merdeka. Oleh sebab itu, air dari rumah pengasingan Bung Karno ini dapat mewakili Provinsi Bengkulu untuk IKN,” jelas Effendi.

Sebelumnya diberitakan, semua gubernur dari 34 provinsi di Indonesia bakal berkumpul di lokasi IKN, Sepaku, Kalimantan Timur bertepatan dengan rencana Presiden Jokowi berkemah pada 13 dan 14 Maret 2022.

Seluruh gubernur diminta membawa satu liter air dan dua kilogram tanah dari masing-masing provinsi ke lokasi IKN untuk dimasukan dalam kendi bernama Kendi Nusantara.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/12/091909578/air-dari-rumah-pengasingan-bung-karno-di-bengkulu-dikirim-ke-ikn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke