Salin Artikel

Mengenal Kendi Nusantara, Wadah yang Akan Diisi Tanah dan Air oleh Gubernur Se-Indonesia di IKN

KOMPAS.com - Gubernur dari 34 provinsi di Indonesia bakal hadir di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sepaku, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kedatangan para gubernur ini bertepatan dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkemah di IKN pada 13 dan 14 Maret 2022.

Dalam acara itu, bakal ada prosesi para gubernur memasukkan tanah dan air ke dalam Kendi Nusantara.

Apa itu Kendi Nusantara?

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kaltim HM Syafranuddin menjelaskan ciri-ciri kendi tersebut.

“Kendinya terbuat dari tembaga, kendinya besar gitu,” ujar pria yang kerap disapa Ivan ini, Jumat (11/3/2022).

Nantinya, para gubernur diminta membawa dua kilogram tanah dan satu liter air dari provinsi masing-masing.

Mengenai tanah dan air yang akan dibawa Gubernur Kaltim, Ivan menuturkan bahwa akan diambil dari Kesultanan Kutai di Lama Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Paser.

"Kebetulan wilayah IKN Nusantara ini kan sebagian wilayah Kesultanan Kutai dan Kesultanan Paser. Jadi itu simbol mewakili Kesultanan yang ada di Kalimantan Timur," ucapnya.

Kemudian, tanah dan air yang dibawa para gubernur bakal dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara sebagai simbolisasi awal pembangunan IKN.

“Kendi itu letaknya di titik nol IKN,” ungkap pria yang juga menjabat Juru Bicara Gubernur Kaltim ini.

Mengenai pertemuan gubernur se-Indonesia dengan Presiden Jokowi di IKN, Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan bahwa para gubernur akan memakai pakaian adat dari daerah masing-masing.

Jokowi juga direncanakan melakukan ritual syukuran pembangunan IKN sekaligus memberi arahan kepada para gubernur se-Indonesia.

Adapun soal rencana Presiden Jokowi berkemah di IKN, Isran menerangkan bahwa semua persiapan sarana pendukung telah matang.

Sarana pendukung tersebut meliputi jaringan listrik, telekomunikasi, persedian air bersih, tenda, dan perlengkapan inap Jokowi.

“Nanti hari-H semua persiapan sudah 100 persen,” tutur Isran dalam keterangan tertulis Humas Setprov Kaltim, Jumat.

Akan tetapi, hanya ada lima gubernur yang akan berkemah bersama Jokowi.

“Namun, rencananya gubernur yang akan menginap saat kemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yakni Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara," paparnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Samarinda, Zakarias Demon Daton | Editor: Ardi Priyatno Utomo, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2022/03/12/091442378/mengenal-kendi-nusantara-wadah-yang-akan-diisi-tanah-dan-air-oleh-gubernur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke