Salin Artikel

FIM Akan Homologasi Lintasan Sirkuit Mandalika untuk Kesiapan MotoGP

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Lintasan di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan memasuki proses homologasi sebelum digunakan untuk balap MotoGP pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Sebelumnya, lintasan Sirkuit Mandalika dilakukan pengaspalan ulang dan dipastikan telah selesai pada 9 Maret 2022.

Proses homologasi lintasan itu akan dilakukan oleh Federation Internasional Motorcycle (FIM) atau organisasi internasional sepeda motor.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmojo menyebutkan bahwa pada Senin, 14 Maret nanti, FIM akan melakukan homologasi atau penilaian kesiapan lintasan Sirkuit Mandalika.

“Hari Senin memang akan ada homologasi oleh FIM, akan datang untuk memastikan track ini bisa digunakan untuk tanggal 20 (Maret),” kata Kartika dalam kunjungannya ke Sirkuit Mandalika, Kamis (10/3/2022).

Pihaknya optimistis bahwa lintasan akan lolos homologasi. Hal itu karena perbaikan lintasan sudah sesuai dengan standar para konsultan yang kompeten.

“Saya rasa dari sisi kekuatan dan dari sisi greet aspalnya sudah sesuai,” kata Kartika.

Dikatakan Kartika, pihaknya akan melakukan konferensi video bersama Dorna dan FIM untuk memberikan penjelasan terkait kesiapan Sirkuit Mandalika untuk event MotoGP.

“Nanti malam kita akan video conference dengan Karlos Ezpeleta dari Dorna dan FIM, akan datang untuk meriview,” kata Kartika.

Sebelumnya dikabarkan, Sirkuit Mandalika mendapatkan saran untuk dilakukan perbaikan di sejumlah lintasan, yakni lintasan dari tikungan 16 hingga tikungan 5.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/10/195618578/fim-akan-homologasi-lintasan-sirkuit-mandalika-untuk-kesiapan-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke