Salin Artikel

Bebas Syarat PCR dan Antigen Tak Berpengaruh pada Peningkatan Jumlah Penumpang di Bandara Sorong

SORONG, KOMPAS.com - Penerapan aturan baru bebas syarat tes cepat antigen dan tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk pelaku perjalanan domestik tidak berdampak pada jumlah penumpang pesawat di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Papua Barat.

Tidak ada peningkatan penumpang yang cukup signifikan usai aturan bebas tes Covid-19 diberlakukan di bandara itu.

Kepala Bandara DEO Sorong, Cece Tarya mengatakan, penghapusan syarat tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) di Bandara DEO berlaku mulai hari ini, Kamis (10/3/2022).

Aturan itu mulai berlaku setelah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengeluarkan aturan tersebut.

"Peningkatan penumpang dalam dua hari ini belum terlihat secara signifikan. Namun, dari frekuensi penerbangannya mulai hari ini ada penambahan rute Sorong-Manokawari-Sorong untuk Batik Air. Artinya, dalam hal ini untuk mengakomodir jumlah penumpang," ujar Cece Tarya kepada wartawan di Sorong, Kamis.

Cece menuturkan, belum semua maskapai penerbangan di bandara itu beroperasi normal. Harapannya, dengan adanya aturan bebas tes Covid-19, jumlah penumpang bisa meningkat sehingga aktivitas penerbangan di bandara itu kembali normal.

"Namun semua akan terevaluasi bilamana terjadi satu peningkatan daripada jumlah penumpang. Mudah-mudahan dengan kebijakan yang baru ini penumpang akan kembali menuju ke masa normal. Namun tetap sesuai SE dimaksud kita diminta seluruh pengguna jasa dan masyarakat melakukan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak," jelasnya.

Pihak Bandara DEO Sorong telah menyiapkan perangkat aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat penerbangan bagi calon penumpang yang tidak memiliki ponsel pintar. Nantinya, penumpang yang tidak memiliki ponsel pintar bisa hanya dengan mengetik Nomor Induk Kependudukan (NIK) melalui keyboard yang tersedia secara manual.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/10/163029778/bebas-syarat-pcr-dan-antigen-tak-berpengaruh-pada-peningkatan-jumlah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke