Salin Artikel

Minyak Goreng di Toko Modern Purworejo 5 Hari Kosong, di Pasaran Langka dan Harga melambung Tinggi

Stok yang habis itu dikarenakan pasokan minyak terhadap toko tersebut berhenti di tingkat distributor.

"Kosong Mas, sudah sejak 5 hari yang lalu, belum ada stoknya," kata Dian, salah satu karyawan toko pada Rabu (9/3/2022)

Sebelumnya, meskipun ada stok minyak goreng, pembelian di toko retail modern pembeliannya dibatasi maksimal 2 liter per orang dengan harga Rp 14.000 per liternya.

Sementara itu harga yang berlaku di Pasar Purworejo sendiri berkisar antara Rp 20.000 - 21.000 per liter, tergantung jenis dan mereknya. Untuk kemasan yang 2 liter harga sudah mencapai Rp 40.000-42.000 ribu per liternya.

Harga yang berlaku di pasaran hari ini jauh dari harga yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp 14.000 perliternya. Hal ini membuat pelanggan mengurangi konsumsi minyak yang otomatis mengurangi omset penjualan para pedagang pasar.

Tidak hanya mendapatkan harga kulakan yang mahal, para pedagang pasar juga mendapat banyak komplain dari para pembeli terkait tingginya harga minyak.

"Berkurang Mas (omzetnya), sudah lama banyak juga pembeli yang komplain terkait harganya yang tinggi dikira kita yang menaikkan padahal kan dari sana nya," kata Lia Ernawati, salah satu pedagang sembako di pasar Purworejo.

Lia berharap, persoalan kelangkaan minyak dan harganya yang tinggi segera diatasi oleh pemerintah agar tidak menjadi permasalahan yang berlarut-larut di masyarakat, khususnya para pedagang kecil seperti dirinya.

"Cepet selesai lah, kita malu dituduh menaikkan harga oleh pembeli," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/09/211236578/minyak-goreng-di-toko-modern-purworejo-5-hari-kosong-di-pasaran-langka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke