Salin Artikel

Malaysia Buka Jalur Perbatasan, Imigrasi Jemput Bola Pembuatan Paspor di Batas Negara

Hal ini mempertimbangkan Malaysia telah menjadi negara di Asia Tenggara yang telah bertransisi ke endemi covid-19.

Bahkan terhitung bulan depan, pelancong diizinkan masuk Malaysia tanpa harus menjalani karantina mandiri asalkan sudah disuntik vaksin virus corona.

Fungsi penerangan Sosial dan Budaya pada Konsulat RI di Tawau – Malaysia, Emir Faisal mengatakan, KRI tengah menunggu Standar Operasional Prosedur (SOP) setelah pengumuman pembukaan jalur perbatasan oleh PM Malaysia, Selasa (8/3/2022).

"Kami (KRI Tawau) belum ada pemberitahuan resmi. Namun PM Malaysia telah mengumumkan pembukaan perbatasan 1 April 2022, tinggal menunggu SOP-nya seperti apa," ujar Emir.

KRI Tawau juga memastikan telah siap menyambut pembukaan perbatasan, mereka selalu berkomitmen untuk menjadi wakil WNI, sekaligus memperjuangkan dan melindungi nasib WNI di luar negeri.

Masyarakat antusias membuat paspor

Sementara itu, Kantor Imigrasi Nunukan juga melakukan program eazy passport bagi warga pelosok dan pedalaman di perbatasan RI – Malaysia.

Kepala Kantor Imigrasi Nunukan Washington Saut Dompak Napitupulu mengatakan, Imigrasi berupaya meningkatkan layanan publik dan memberi kemudahan masyarakat dalam pembuatan paspor.

"Program eazy passport, berkaitan dengan segera dibukanya jalur perbatasan. Kita berinisiatif menjemput bola untuk membuatkan warga pedalaman passport, demi mencegah illegal entry," katanya.


Program ini menitikberatkan warga masyarakat yang tinggal di wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Di Pulau Sebatik, antusiasme masyarakat tidak terbendung sejak eazy passport digulirkan. Ada sekitar 200 lebih warga berbondong bondong mengurus passport.

Demikian pula di wilayah Lumbis. Ada sekitar 112 orang yang terlayani, semua pemohon menunjukkan kegembiraan dan semangat mereka setelah mendengar pintu perbatasan Nunukan – Tawau segera dibuka.

"Kita tidak bisa menafikan bahwa selama ini, masyarakat perbatasan RI – Malaysia memiliki ketergantungan dengan Negara tetangga. Mereka menjalin hubungan emosional dan budaya yang sama. Selain masalah kebutuhan pokok, mereka juga akan berkunjung ke saudara di Malaysia," sambungnya.

Setelah melayani jemput bola di Kecamatan Lumbis, Imigrasi Nunukan akan terus bergerilya dan menargetkan dataran tinggi Krayan sebagai lokasi selanjutnya.

Washington melanjutkan, pelayanan yang dikemas dalam program Eazy Pasport ini melayani permohonan baru dan penggantian paspor.

Seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan.

Walaupun dilakukan di luar Kantor Imigrasi, eazy passport tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Petugas dan pemohon diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta menyiapkan hand sanitizer.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/09/150847278/malaysia-buka-jalur-perbatasan-imigrasi-jemput-bola-pembuatan-paspor-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke