Salin Artikel

Ini Rute Penonton MotoGP yang Datang dari 2 Pelabuhan di Lombok Barat

Petugas pun menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Seperti di Kabupaten Lombok Barat, terdapat dua pintu masuk utama kedatangan penonton yakni di Pelabuhan Gili Mas dan Pelabuhan Lembar.

Sementara pintu masuk yang ketiga yakni di perbatasan Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara yang diperkirakan penonton akan datang dari arah Pelabuhan Bangsal.

"Hari ini kita melaksanakan simulasi, untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, siapa berbuat apa dan bertanggung jawab terhadap siapa terkait dengan pengamanan maupun pelayanan kepada penonton atau penumpang kapal yang nantinya akan sandar di Penyeberangan Lembar ini,” kata Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, Selasa (8/3/2022).

Kepolisian Resort Lombok Barat pun akan membuat pos terpadu untuk pengamanan penonton.

“Sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan kita, untuk menghadapi atau mengamankan event MotoGP dan nantinya akan didirikan dua Pos Terpadu,” kata Wirasto.


Wirasto menjelaskan, pos terpadu ini akan diisi oleh Personel TNI-Polri, beserta unsur Otoritas Pelabuhan Lembar dan instansi lainnya.

Mereka akan melakukan pengamanan hingga penonton tersebut meninggalkan lokasi.

Sementara itu, terkait dengan perubahan aturan tentang penumpang kapal, Standar Operasi Prosedur (SOP) penerimaan kedatangan penonton akan dipertimbangkan kembali.

Pihaknya tetap akan menempatkan thermal scanner, bila ditemukan penumpang yang mengalami demam atau suhunya di atas 38 derajat.

Penumpang tersebut nantinya akan langsung ditangani oleh dinas terkait.

“Sehingga bila telah dilakukan pemeriksaan dan terkonfirmasi positif Covid-19, maka langsung diarahkan di Isolasi terpusat, RS Tripat Gerung,” kata Wirasto.

Kapolres berharap, melalui simulasi pengamanan yang dilaksanakan, ada gambaran saat kedatangan kapal, pada momen-momen pelaksanaan MotoGP tersebut.

Wirasto mengaku, disiapkan shuttle bus untuk mengangkut para penumpang menuju Mandalika.

Kapolres juga mengingatkan terkait kondisi penginapan di Lombok Barat sudah hampir 100 persen penuh, sehingga para penonton banyak juga yang menginap di Bali.

Sehingga dilakukan antisipasi peningkatan arus penyeberangan.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/09/073357378/ini-rute-penonton-motogp-yang-datang-dari-2-pelabuhan-di-lombok-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke