Salin Artikel

Gempa M 5,9 Guncang Aceh, Terasa Kuat di Aceh Jaya dan Meulaboh

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan M 5,9 mengguncang Aceh pada Sabtu (05/03/2022) Pukul 19.02 WIB.

Bedasarkan data yang dirilist Stasiun Geofisika Aceh Besar, lokasi pusat gempa terkini berada di wilayah Barat Daya Calang, Aceh Jaya dengan kedalaman 17 kilometer.

Pusat Lokasi gempa berada di titik koordinat 4,56 LU dan 94,84 BT dengan kedalaman 17 kilometer.

"Tepatnya di laut, 82 km arah Barat Daya Calang, Aceh Jaya. Pusat kedalaman gempa 17 km,"  kata Andi Azhar Rusdin, Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar.

Andi mengatakan, guncangan gempa bumi tersebut dirasakan masyarakat yang tinggal di sejumlah wilayah seperti di Kabupaten Aceh Jaya, Meulaboh, Banda Aceh, Aceh Besar dan Pidie.

Gempa ini sempat menimbulkan kepanikan warga, tetapi tidak berlangsung lama.

Dalam skala V MMI, getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Sementara warga di Banda Aceh dan Aceh Besar merasakan guncangan dalam skala intensitas IV MMI, yakni dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Dan warga Pidie merasakan gempa dalam skala intensitas II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/05/200723478/gempa-m-59-guncang-aceh-terasa-kuat-di-aceh-jaya-dan-meulaboh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke