Salin Artikel

Kasus DBD di NTT Meningkat, 2 Kabupaten Berstatus KLB

KUPANG, KOMPAS.com - Dua kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah dengue (DBD) menyusul tingginya penderita DBD di daerah tersebut.

Dua daerah itu yakni Kabupaten Sumba Barat Daya dan Ngada.

"Penetapan kejadian luar biasa demam berdarah dari dua kepala daerah ini karena angka penderita dan meninggal dunia meningkat dari periode sebelumnya," kata Epidemiolog Dinas Kesehatan NTT, Acep Effendi, kepada sejumlah wartawan, Jumat (4/3/2022).

Acep menjelaskan, jumlah kasus DBD di Kabupaten Sumba Barat Daya pada periode Januari hingga Maret 2022 sebanyak 164 kasus, tiga di antaranya meninggal dunia.

Sedangkan di Kabupaten Ngada terdapat 61 kasus, tiga di antaranya meninggal dunia.

Kasus meningkat 94 persen

Acep menambahkan, total kasus DBD di NTT sejak Januari hingga Maret 2022 sebanyak 1.513 dengan 12 kasus kematian yang tersebar di 21 kabupaten dan kota di NTT.

Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021, jumlah kasus DBD di NTT meningkat sebesar 94 persen.

Dia menuturkan, 12 warga yang meninggal itu tersebar di delapan daerah di NTT, yakni Kabupaten Ngada dan Kabupaten Sumba Barat Daya masing-masing tiga orang, Kota Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Sikka, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Tengah, masing-masing satu orang.


Sementara itu, daerah dengan jumlah kasus terbanyak yakni Kota Kupang sebanyak 257 kasus, Kabupaten Manggarai Barat 247 kasus, Kabupaten Sikka 187 kasus, Kabupaten Sumba Barat Daya 168 kasus, Kabupaten Belu 101 kasus, Kabupaten Lembata 99 kasus dan Kabupaten Ngada 61 kasus.

Selain itu juga ada Kabupaten Sumba Timur sebanyak 55 kasus dan Kabupaten Timor Tengah Selatan 50 kasus.

Sedangkan untuk kabupaten lainnya angkanya di bawah 50 kasus.

"Kami imbau masyarakat untuk mencegah penyebaran jentik nyamuk demam berdarah dengue dengan buang sampah pada tempatnya," kata Acep.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/04/162440678/kasus-dbd-di-ntt-meningkat-2-kabupaten-berstatus-klb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke