Salin Artikel

Curhat Pencari Ikan di Semarang, Susah Dapat Ikan karena Pulau Sampah

Dia tak sendirian, Masrohan juga ditemani tiga temannya yang lain. Salah satu tempat favorit mereka memancing adalah di Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) Tambakrejo.

Selama berjam-jam sudah dia lalui, namun belum ada satupun ikan yang tersangkut di kailnya.

"Ini yang nyangkut malah sampah," jelasnya sambil memperlihatkan sampah yang nyangkut di kail pancingnya, Kamis (3/3/2022).

Menurutnya, sejak adanya Pulau Sampah yang ada di BKT populasi ikan menurun. Sebelumnya dalam sehari dia bisa mendapatkan puluhan ikan. "Namun sekarang dapat satu saja sudah untung," keluhnya.

Kebanyakan, yang dia dapat malah sampah. Dalam satu hari sampah yang menyangkut di kail pancingnya bisa sampai satu tong.

"Kebanyakan yang menyangkut di kali itu popok bayi dan sampah plastik seperti ini," ujarnya.

Imbas dari pulau sampah, merusak biota laut yang mana jumlah dan ukuran ikan berkurang. Beragam jenis ikan muara seperti manyung, kakap,sembilang dan lainnya populasinya berkurang.

"Umpan saya habis dimakan sampah," katanya. Selain populasi ikan yang berkurang, bobot ikan juga ikut berkurang.

Dia mencontohkan, ikan kakap yang sebelumnya bisa sampai 10 kilogram sekarang paling besar hanya 5 kilogram.

"Ikannya pada kurang gizi imbas ada sampah," tuturnya.

Meski mengetahui ikan di BKT sudah terkontaminasi microplastic, dia terpaksa tetap memakan ikan-ikan tersebut. "Soalnya ombak tinggi, biasanya dari tengah laut," paparnya.

Menanggapi hal itu, Anggota Wahana Lingkungan Hidup Jawa Tengah, Iqbal Alma menyebut sampah-sampah tersebut juga berpotensi menyebabkan dampak kesehatan bagi masyarakat.

Pasalnya biota laut yang ditangkap nelayan dari sekitar tumpukan sampah kemungkinan telah tercemar.

Salah satu kandungan yang mungkin mencemari hasil tangkapan di sekitar tumpukan sampah adalah mikroplastik. "Mikroplastik dimakan ikan kemudian ikannya dikonsumsi," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/03/135130778/curhat-pencari-ikan-di-semarang-susah-dapat-ikan-karena-pulau-sampah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke