Salin Artikel

Pawai Ogoh-ogoh Mini Meriahkan Rangkaian Perayaan Nyepi di Mataram

MATARAM, KOMPAS.com - Puluhan ogoh-ogoh berukuran mini ikut memeriahkan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi umat Hindu di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (2/3/2022).

Pawai ogoh-ogoh berukuran raksasa biasanya dilaksanakan satu hari sebelum perayaan Nyepi.

Namun, kali ini ogoh-ogoh tampil dalam ukuran mini dan diarak keliling kampung oleh anak-anak.

Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi mengatakan, kebijakan ini dikeluarkan oleh Pemkot Mataram menindaklanjuti surat dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) NTB.

"Selama dua tahun terakhir juga kami tidak menggelar pawai ogoh-ogoh, kegiatan seremoni seperti pawai ogoh-ogoh dalam bentuk mini di lingkungan masing-masing bisa dilaksanakan dengan pengawalan serta pengamanan jajaran Polsek," kata Heri, dalam keterangan tertulis, Rabu.

Heri mengatakan, saat ini, Kota Mataram masuk PPKM level 3, sehingga pelaksanaan pawai ogoh-ogoh ditiadakan karena kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir.

Selama masa pandemi Covid-19, umat Hindu di Kota Mataram tidak melaksanakan kegiatan pawai ogoh-ogoh karena dikhawatirkan berpotensi menimbulkan kerumunan di jalan.

Sebagai gantinya, tahun ini, kegiatan pawai ogoh-ogoh dilaksanakan di lingkungan masing-masing dengan mengarak ogoh-ogoh berukuran mini.

Sementara itu, rangkaian pelaksanaan ibadah Nyepi tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.


Pelaksanaan kegiatan pawai ogoh-ogoh mini dirangkaikan dengan Upacara Pecaruan umat Hindu di beberapa Lingkungan, di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram.

Kapolsek Sandubaya Kompol M Nasrullah menambahkan, ada beberapa lingkungan yang menyelenggarakan pawai ogoh-ogoh mini.

Namun, ada juga lingkungan yang tidak melaksanakan pawai ogoh-ogoh mini dan langsung menyelenggarakan Upacara Pecaruan Tawur Kesanga menjelang pelaksanaan Nyepi.

"Seluruh personel kami turunkan sampai proses kegiatan selesai dengan pembatasan beberapa perwakilan umat serta protokol kesehatan Covid-19 yang ketat," kata Nasrullah.

Rangkaian ini dalam rangka proses perayaan menjelang Hari Raya Nyepi 1944 Caka, yang jatuh pada hari Kamis, 3 Maret 2022.

Pantauan Kompas.com, hari ini seluruh umat Hindu di Kota Mataram tengah menjalankan catur brata penyepian.

Jalan-jalan menuju perkampungan umat Hindu ditutup. Suasana tampak lengang. Hanya ada beberapa petugas pecalang yang berjaga.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/03/122913478/pawai-ogoh-ogoh-mini-meriahkan-rangkaian-perayaan-nyepi-di-mataram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke