Salin Artikel

Kasus Aktif Covid-19 Turun, Kota Ambon Kembali Berstatus Zona Kuning

AMBON, KOMPAS.com - Kota Ambon kembali berstatus zona kuning atau risiko rendah dalam peta epidemiologi sebaran Covid-19 di Provinsi Maluku.

Ambon kembali berstatus zona kuning menyusul tingginya tingkat kesembuhan dan menurunnya kasus baru di ibu kota Provinsi Maluku tersebut.

Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, menjelaskan, Kota Ambon per 27 Februari 2022 lalu telah berpindah dari zona oranye ke zona kuning dengan skor 2,53.

“Kota Ambon mengalami kenaikan skor sebesar 0,18 poin dari pekan sebelumnya menjadi 2,53 sehingga kini telah berada di zona kuning atau risiko rendah,” ungkap Joy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (1/3/2022).

Kenaikan skor Kota Ambon, kata dia, menandakan bahwa kasus Covid-19 varian Omicron perlahan sudah berhasil dikendalikan penyebarannya.

Hal ini dapat dilihat dengan penurunan kasus terkonfirmasi positif dari hari ke hari serta naiknya angka kesembuhan.

“Tentunya semua berkat tuntunan dan perlindungan Tuhan bagi kota ini, serta kerja keras pemerintah melalui tim Satgas Covid-19, baik tingkat kota maupun kecamatan, yang mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat Kota Ambon sendiri,” ujarnya.

Menurut Joy, Covid-19 varian Omicron memang memiliki ciri penyebaran yang cepat, namun dengan tingkat pemulihan yang lebih cepat dari varian pendahulunya, yakni varian Delta.

Akan tetapi, varian ini tetap harus diwaspadai karena pada orang- orang dengan daya tahan tubuh yang rendah, seperti lansia dan komorbid, varian Omicron dapat memperburuk penyakit komorbid yang sudah ada sebelumnya.

“Oleh sebab itu tim satgas selalu melaksanakan operasi yustisi dan mengimbau serta mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan dengan selalu memakai masker. Ini untuk mencegah jangan sampai kita menjadi carier atau pembawa virus bagi anggota keluarga yang lansia maupun komorbid di rumah,” ungkapnya.

“Dengan vaksinasi maka daya tahan tubuh atau kekebalan orang terhadap varian ini juga akan meningkat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini, kasus aktif Covid-19 di Kota Ambon tersisa 509 kasus. Jumlah ini telah menurun drastis dibandingkan dengan pertengahan Februari lalu yang mencapai 1.866 kasus.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/01/155725178/kasus-aktif-covid-19-turun-kota-ambon-kembali-berstatus-zona-kuning

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke