Salin Artikel

Polda Sumbar Pastikan Situasi di Wilayah Terdampak Gempa Pasaman Aman dan Kondusif

PADANG, KOMPAS.com - Pascagempa M 6,1 yang melanda Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman pada Jumat (25/2/2022), hingga kemarin Senin (28/2/2022) situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dinilai aman dan kondusif.

"Kita pastikan kondisi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dalam keadaan aman dan kondusif. Polda Sumbar dan jajarannya terus melakukan kegiatan-kegiatan aktivitas sosial kemanusiaan," kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto kepada Kompas.com, Senin (28/2/2022).

Satake menyebutkan aktivitas masyarakat sudah mulai berangsur normal.

"Kita kebetulan melihat pasar yang kemarin tutup sekarang sudah mulai buka. Di mana ada penjual dan pembeli di sana, mereka (mulai) beraktivitas seperti biasa," kata Satake.

Sementara di posko pengungsian, Satake mengatakan pihaknya telah menurunkan tim trauma healing untuk anak-anak korban gempa.

"Karena kita tahu anak-anak ini harus kita naikkan imun kegembiraannya, dengan kegiatan seperti bermain, bernyanyi, dan melaksanakan aktivitas anak (untuk) meningkatkan kebahagiaannya," ujar Satake.

Menurut Satake, tim trauma healing yang diturunkan Polda Sumbar berasal dari SDM dan Biddokkes, bersama dengan tim yang sudah dibentuk dalam memberikan pelajaran serta permainan.

"Mereka akan mobile, titik awal di tempat pengungsian lapangan bola, nanti akan bergeser ke tempat lainnya," jelas Satake.

Untuk personel Polda Sumbar dan jajaran yang ikut membantu dalam memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat, ia mengimbau agar tetap semangat dalam membantu masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan kemanusiaan itu bermanfaat bagi masyarakat yang mengalami gempa.

Selain itu, petugas akan melakukan patroli keamanan di sepanjang jalan lokasi gempa serta tempat-tempat posko pengungsian masyarakat.

"Di sana (posko) juga ada petugas yang berjaga," jelas Satake.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/01/082053078/polda-sumbar-pastikan-situasi-di-wilayah-terdampak-gempa-pasaman-aman-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke