Salin Artikel

Banjir Melanda 2 Kecamatan di Aceh Utara

Banjir diakibatkan hujan deras sepanjang dua hari terakhir yang membuat Krueng (sungai) Keureto dan Krueng Peutoe meluap.

Kepala Dinas Sosial Aceh Utara Fuad Mukhtar menyebutkan, timnya sudah berada di lokasi untuk melakukan pendataan korban banjir.

Berdasarkan data sementara, banjir terjadi di Kilometer 1 Lhoksukon dan sebagian desa di Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara.

“Kami sudah imbau kepala desa segera berkoordinasi dengan camat, seterusnya camat melapor ke Dinas Sosial Aceh Utara untuk proses bantuan masa panik. Jika ada pengungsian, segera kita distribusikan logistiknya,” kata Fuad kepada wartawan, Minggu.

Dia menyebutkan, logistik di gudang Dinas Sosial Aceh Utara masih mencukupi untuk kebutuhan pengungsi hari ini.

Apabila mendesak, menurut Fuad Mukhtar, masih bisa menggunakan cadangan logistik yang disimpan di lumbung sosial.

“Kita punya empat lumbung sosial di Lhoksukon, Pirak Timu, Matangkuli dan Langkahan. Itu semua rawan banjir. Jadi, kalau terdesak, kita gunakan logistik dari lumbung sosial itu,” kata Fuad.

Dia memperkirakan, apabila hujan masih terjadi, maka dipastikan banjir akan meluap ke sejumlah kecamatan di dalam Kabupaten Aceh Utara.

“Semoga hujan berhenti dan banjirnya segera surut,” kata Fuad.

Sementara itu, Kapolsek Tanah Luas Ipda Hendra Jamiswar menyebutkan, di Desa Paya Berandang, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, polisi bersama warga memasang pengaman di tanggul sungai.

“Kita pasang batu dan timbun tanah, karena sungainya meluap. Kalau tidak dibentengi, khawatir masuk ke permukiman warga,” kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/27/152055878/banjir-melanda-2-kecamatan-di-aceh-utara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke