Salin Artikel

Apa Itu Sesar Sumatera, Penyebab Gempa M 6,1 Pasaman Barat yang Tewaskan 5 Warga?

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, dikutip dari Antara.

Gempa tersebut mengakibatkan ratusan bangunan rusak, lima orang tewas, dan puluhan orang luka-luka akibat terimpit reruntuhan bangunan.

Apa yang dimaksud dengan sesar Sumatera?

Dikutip dari website bpbd.sumbarprov, Sumatera fault system atau sesar Sumatera terjadi akibat adanya lempeng India-Australia yang menabrak bagian barat pulau Sumatera secara miring, sehingga menghasilkan tekanan dari pergerakan ini.

Karena adanya tekanan ini, maka terbentuklah sesar Sumatera atau disebut juga ”The Great Sumatera Fault” yang membelah pulau Sumatera dan membentang mulai dari Lampung sampai Banda Aceh.

Sesar ini menerus sampai ke Laut Andaman hingga Burma. Patahan ini merupakan daerah rawan gempa bumi dan tanah longsor.

Sesar Sumatera merupakan sesar strike slip berarah dekstral yang terdiri dari 20 segmen utama sepanjang tulang punggung Sumatera (Sieh and Natawidjaja.,2002)

Jalur patahan Sumatera bisa dikenal dari bentang alam di sepanjang jalur dan ditandai oleh kenampakkan bukit–bukit dan danau-danau yang terjadi karena pergeseran pada sesar tersebut.

Jalur patahan sepanjang lebih kurang 1900 km ini melintasi punggungan Pulau Sumatera sepanjang Bukit Barisan.

Sejarah mencatat, sudah cukup banyak kejadian gempa bumi dengan magnitudo besar yang terjadi di sekitar patahan Sumatera.

Segmen Sesar di Sumatera Barat

Sesar Sumatera membelah melalui wilayah Sumatera Barat yang terbagi menjadi beberapa segmen sesar.


Di Provinsi Sumatera Barat, terdapat empat segmen patahan aktif yang merupakan bagian dari sistem sesar Sumatera.

Selain itu, ada tiga segmen lagi yang bagian ujung segmennya berada di perbatasan wilayah Sumatera Barat dan ini dapat juga memengaruhi aktivitas kegempaan di wilayah Sumatera Barat.

Ketiga segmen tersebut adalah segmen Angkola dan segmen Barumun di wilayah Sumatera Utara, serta segmen Siulak di Jambi.

Segmen Angkola ujung selatannya berada di dekat Lembah Batang Pasaman, begitu juga segmen Barumun bagian selatan segmen ini berada di perbatasan Sumatera Barat, Pasaman.

Sedangkan segmen Siulak overlap dengan segmen Suliti di wilayah Solok Selatan.

Untuk membaca artikel selengkapnya, silakan klik: ANCAMAN GEMPABUMI SUMATERA TIDAK HANYA DI MEGATHRUST

https://regional.kompas.com/read/2022/02/25/160900278/apa-itu-sesar-sumatera-penyebab-gempa-m-61-pasaman-barat-yang-tewaskan-5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke