Salin Artikel

5 Kecamatan di Kabupaten Pasaman Terdampak Gempa, Ratusan Rumah Dilaporkan Rusak

PADANG, KOMPAS.com -Selain Pasaman Barat, dampak gempa beruntun magnitudo 5,2 dan 6,2 juga dirasakan warga di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022).

Dilaporkan ada lima kecamatan yang terdampak yaitu Lubuk Sikaping, Tiga Nagari, Simpati, Bonjol dan Duo Koto.

"Dilaporkan ada ratusan rumah warga yang mengalami kerusakan. Belum lagi ada sekolah, rumah ibadah dan fasilitas umum," kata Komandan Regu TRC BPBD Pasaman, David Zulfikar yang dihubungi Kompas.com, Jumat.

David mengatakan pihaknya masih bekerja di lapangan untuk membantu warga dan mendata dampak dari gempa tersebut.

Menurut David, karena dampak gempa yang tersebar di sejumlah kecamatan membuat pihaknya belum bisa memastikan jumlah data kongkrit akibat gempa itu.

"Dampaknya tersebar. Kita jadi kesulitan. Di laporkan baru ada lima kecamatan yang terdampak," jelas David.

Diberitakan sebelumnya, dua gempa beruntun itu menghantam Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022) pagi dengan waktu selisih 4 menit.

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 5,2 terjadi pukul 08.35 WIB dengan lokasi 18 kilometer timur laut Pasaman Barat dan kedalaman 10 kilometer.

Kemudian gempa kedua terjadi pukul 08.39 WIB dengan lokasi 17 kilometer timur laut Pasaman Barat, kedalaman 10 kilometer berkekuatan magnitudo 6,2.

"Ada dua gempa selisih empat menit," kata kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang, Irwan Slamet yang dihubungi Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Irwan mengatakan, gempa tidak berpotensi tsunami, namun getaran gempa terasa kuat di sejumlah daerah seperti Pasaman, Pasaman Barat, Agam, hingga Padang.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/25/130308978/5-kecamatan-di-kabupaten-pasaman-terdampak-gempa-ratusan-rumah-dilaporkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke