Salin Artikel

Kesaksian Pedagang Pasar Raya Padang Saat Gempa M 6,2 Guncang Pasaman Barat

KOMPAS.com - Kepanikan terjadi di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, saat gempa 6,2 M mengguncang pada Jumat (25/2/2022) pagi.

Para pedagang dan pengunjung pasar berhamburan keluar dan mencari tempat aman.

Salah satu pedagang, Dani, mengatakan, saat itu geteran gempa tak begitu buat panik.

Namun, selang beberapa menit kemudian, getaran semakin kuat dan lama.

"Waktu gempa kedua sepertinya lebih kencang, makanya tadi banyak yang keluar," bebernya, dilansir dari TribunPadang.com.

"Kalau yang banyak keluar tadi sebenarnya di bagian bawah soalnya takut kenapa-kenapa kan," tambahnya.

Sementara itu, dari pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman, belum ada laporan berapa bangunan yang terdampak gempa.

Namun, dari laporan sementara, ada dua nagari atau wilayah yang terkena dampak, yaitu Nagari Malampah dan Ladang Panjang.


"Saat ini kami belum bisa memastikan bangunan yang terdampak, kami saat ini sedang turun langsung untuk memastikan keadaan di lokasi tersebut," sebut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pasaman, Alim Bazar.

"Berdasarkan laporan sementara ada tiga kecamatan yang cukup parah yaitu Talamau, Kinali dan Pasaman. Saat ini kita masih mendata," kata Gustrizal yang dihubungi Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Kerusakan akibat gempa di wilayah itu terjadi pada sejumlah fasilitas umum, sekolah, rumah ibadah dan rumah penduduk.

"Dilaporkan ada rumah warga, sekolah, masjid, fasilitas umum yang rusak. Saat ini kita sedang mendatanya," jelas Gustrizal.

Untuk korban jiwa, katanya, masih menunggu perkembangan dan laporan di lapangan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa terjadi sekitar pukul 08.35 WIB dengan kekuatan M 5.2 SR dan pukul 08.39 WIB berkekuatan 6.2 M.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Gempa di Pasaman Barat, Pedagang Berhamburan di Pasar Raya Padang

https://regional.kompas.com/read/2022/02/25/120444878/kesaksian-pedagang-pasar-raya-padang-saat-gempa-m-62-guncang-pasaman-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke