Salin Artikel

Warga dan Pihak Hotel yang Digeruduk Gara-gara Kondom Berdamai, Ini Kesepakatannya

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Penggerudukan warga ke sebuah hotel di Jalan Martadireja 1, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (24/2/2022) akhirnya berakhir damai.

Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry mengatakan, kedua belah pihak telah membuat kesepakatan bersama dalam mediasi yang digelar, Jumat (25/2/2022) dini hari.

"Secara garis besar ada beberapa poin dalam kesepakatan bersama tersebut," kata Berry, kepada wartawan, Jumat.

Pertama, pemilik hotel akan menutup total tembok yang berbatasan dengan permukiman warga di sekitarnya.

Kemudian, pemilik hotel akan melakukan penyedotan rutin drainase yang berada di belakang hotel.

Selain itu, pemilik hotel juga akan bepartisipasi dalam setiap kegiatan warga yang berdekatan dengan hotel.

"Batas kesepakatan ini agar direalisasikan sampai dengan dua minggu ke depan, agar dipenuhi sejak surat kesepakatan ditandatangani," ujar Berry.

Puluhan warga sebelumnya menggeruduk sebuah hotel di Jalan Martadireja 1, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (24/2/2022) sekitar pukul 23.30 WIB.


Mereka kesal karena tamu hotel kerap membuat gaduh dan membuang kondom bekas pakai sembarangan ke permukiman warga di belakang hotel.

Ketua RT 004 RW 005 Kelurahan Purwokerto Wetan, Bola Sodarmi mengatakan, telah memperingatkan pengelola hotel berkali-kali.

"Kami sudah sering mengimbau, tapi begitu ada kondom dibuang sembarangan. Terus di hotel itu juga berisik tamunya," kata Bola, kepada wartawan, Kamis malam.

Warga lainnya Sodik mengungkapkan, permasalahan kegaduhan tamu hotel telah dikeluhkan warga sejak lama.

"Masalah sampah juga, bukan sampah biasa tapi kondom bekas pakai dibuang ke atap rumah warga. Ini sangat mengganggu," ujar Sodik.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/25/114831178/warga-dan-pihak-hotel-yang-digeruduk-gara-gara-kondom-berdamai-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke