Salin Artikel

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi hingga 5 Meter Terjadi di Perairan Kepri, Masyarakat Diminta Waspada

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Masyarakat pengguna transportasi laut diharapkan untuk berhati-hati saat melalui beberapa kawasan di perairan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sebab, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya gelombang laut yang tinggi, yaitu hingga 5 meter, pada Jumat (25/2/2022).

Adapun gelombang tinggi diperkirakan terjadi di perairan Bintan, Anambas dan Natuna.

Untuk di perairan Bintan diprediksi gelombang laut mencapai 2 meter, di perairan Anambas mencapai 3,5 meter, di perairan Natuna mencapai 4 meter dan di Laut Natuna Utara bisa mencapai 5 meter lebih.

"Jadi pengguna transportasi laut mewaspadai potensi gelombang tinggi," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Robi A Anugrah, yang dihubungi, Kamis (24/2/2022).

Selain itu, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, dan angin kencang juga dapat terjadi di wilayah Kabupaten Natuna dan Kepulauan Anambas.

"Potensi cuaca tersebut dapat terjadi pada siang hingga malam hari," sebut Robi.

Secara umum, prakiraan cuaca untuk Jumat (25/2/2022) di wilayah Kepri bagian selatan akan berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Sementara Kepri bagian utara berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Kondisi ini disebabkan sirkulasi siklonik di bagian timur Kepri yang menyebabkan bertambahnya peluang pembentukan awan-awan hujan.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/24/133909878/bmkg-prediksi-gelombang-tinggi-hingga-5-meter-terjadi-di-perairan-kepri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke