Salin Artikel

Ratusan Nakes di Kota Solo Terpapar Covid-19, Pemkot Siapkan Hotel Melati Jadi Isolasi Terpusat

Data Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menjelaskan, ada 589 orang nakes yang terpapar Covid sejak 1 Februari 2022.

Banyak di antara mereka sudah sembuh, dan ada yang masih isolasi. Sebagian besar nakes yang terinfeksi berasal dari puskesmas dan rumah sakit.

Wali Kota Gibran Rakabuming Raka mengatakan, penyebab tingginya angka kenaikan kasus tersebut dipengaruhi meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Solo.

"Iya memang banyak, dulu puncaknya Delta juga banyak. Nanti kita siapkan tenang saja," kata Gibran saat berada di Hotel Alila Solo, Rabu (23/2/2022).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Nico Agus Putranto mengatakan persiapan penambahan isolasi terpusat telah diberlakukan.

"Memang kemarin arahannya Pak Wali (Gibran Rakabuming), akan kita siapkan nanti sebagai alternatif terkhusus untuk nakes," jelas Nico kepada Kompas.com.

Nico menjelaskan, lokasi isolasi terpusat diperuntukkan bagi naskes yang terpapar tanpa gelaja (OTG) dan gejala ringan.

"Kita cari lokasinya. Bisa losmen atau hotel melati. Kita kan juga berpikir untuk penjagaannya, harus kita pertimbangkan juga," ujar dia.

Nico menjelaskan juga telah berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo untuk segera menentukan lokasi isolasi terpusat.

Ia menambahkan mayoritas nakes yang terpapar bertempat tinggal di indekos dan belum menikah. "Kalau tidak memungkinkan untuk isoman di rumah maka bisa dirujuk ke isoter," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/24/100505578/ratusan-nakes-di-kota-solo-terpapar-covid-19-pemkot-siapkan-hotel-melati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke