Salin Artikel

Stok Minyak Goreng Terbatas, Supermarket di Purwokerto Batasi Penjualan di Waktu Ini

Hal ini terungkap saat jajaran Forkompimda melakukan sidak di supermarket dan toko grosir di wilayah Purwokerto, Sabtu (19/2/2022) siang.

Para pembeli terpaksa harus gigit jari karena rak etalase minyak goreng kosong.

Humas Promosi Moro Grosir dan Ritel Purwokerto Adi Putranto mengatakan, pembatasan minyak goreng di rak karena keterbatasan pasokan.

"Stok memang terbatas, sehingga kami kendalikan. Kami keluarkan di display siang, sore, dan malam, masing-masing 200 karton per sesi," kata Adi, Sabtu.

Setiap pembeli juga dibatasi maksimal 2 liter minyak goreng.

"Kami menghindari orang yang bolak-balik membeli dengan mengatur display siang, sore, dan malam. Biar orang yang mau membeli bolak-balik harus menunggu dari siang sampai malam," jelas Adi.

Kondisi serupa juga terjadi di Toko Intan Mas Purwokerto. Toko grosir tersebut membatasi setiap hari hanya menjual 100 karton, masing-masing berisi 12 pcs.

"Kami menggunakan batasan per hari 100 karton. Diharapkan per orang membeli 1-2 karton. Satu karton berisi 12 liter cukuplah untuk konsumsi rumah tangga," kata pengurus toko, Deni Alexander.

Deni mengaku terpaksa membatasi penjualan karena pasokan dari distributor terbatas.

"Sudah lama kami tidak mendapat pasokan dari distributor, terakhir pada awal Januari. Sekarang memang lagi sulit dan langka dari distributor," ujar Deni.

Atas kondisi itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, akan segera mengumpulkan distributor untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng.

"Nanti malam kami kumpulkan. Kami akan cari jalan keluar bagiamana mengatasi permasalahan ini," kata Husein.

Sementara itu Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu mengatakan, polisi terus mengawasi penjualan minyak goreng untuk menghindari adanya penimbunan.

"Kami tetap melakukan pengawasan sehingga tidak terjadi penimbunan. Sampai saat ini belum ada (temuan penimbunan)," kata Edi.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/20/090802678/stok-minyak-goreng-terbatas-supermarket-di-purwokerto-batasi-penjualan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke