Salin Artikel

Kunjungi Wadas, Wagub Jateng Taj Yasin Sebut Situasi Kondusif

Dalam kunjungannya tersebut Wagub juga berdialog dengan warga terdampak penambangan batu andesit.

Taj Yasin Maimoen menyebutkan, kondisi sosial masyarakat Wadas saat ini sudah kondusif dan warga mulai beraktivitas kembali seperti biasa.

Dia menilai warga Wadas membutuhkan dialog yang baik antara pemerintah dan warga terdampak penambangan material untuk pembangunan Bendung Bener tersebut.

"Alhamdulillah saat ini warga Wadas sudah mulai beraktivitas, yang dibutuhkan dari temen-temen Wadas yaitu komunikasi yang baik sebenarnya dengan pemerintah dengan aparatur," kata Wagub yang juga sebagai Panglima Santri Nusantara ini.

Persoalan pro dan kontra penambangan, lanjutnya, suasana Desa Wadas sampai saat ini masih tahap upaya peredaman pascakonflik pengukuran lahan dan tanam tumbuh pada Selasa (8/2/2022) lalu.

"Yang penting itu ada jaminan itu aja dari mereka, bahwa masyarakat tetap sejahtera enggak terganggu mata pencahariannya, tadi itu disampaikan bahwa sejak tahun 2015 sampai saat ini komunikasinya kurang lancar," lanjutnya usai melantik pengurus Santri Gayeng Nusantara di Auditorium Siola, Rumah makan Dargo dalam rangkaian kunjunganya ke Purworejo.

Pihaknya juga berharap siapa pun selain warga Wadas untuk tidak menyebarkan opini tentang Wadas yang akan menambah keruh suasana kondusif.

"Udahlah yang tidak dari Wadas enggak usah banyak bicara, biarkan dari temen-temen Wadas untuk menyampaikan langsung kepada kami dipemerintahan," katanya.

Agenda lain Taj Yasin

Setelah mengunjungi Desa Wadas pihaknya melanjutkan kegiatan di Purworejo dengan melantik kepengurusan Santri Gayeng Nusantara (SGN) dari 3 Kabupaten yakni Magelang, Kota Magelang, Kebumen dan Purworejo.

Setelah melantik kepengurusan Tak Yasin juga sempat ber takziyah di salah satu tokoh agama KH. Abdul Ghofar Sulaiman pengasuh PP Darun Najah yang berlokasi di Lengkong Kabupaten Purworejo yang meninggal pada Jumat (18/2/2022) kemarin.

"Kita juga mengadakan khitanan masal, vaksinasi, donor darah, tanam pohon, dan penyebaran benih Ikan," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/19/184628378/kunjungi-wadas-wagub-jateng-taj-yasin-sebut-situasi-kondusif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke