Salin Artikel

Pegawai Positif Covid-19, Kebun Raya Indrokilo Boyolali Ditutup 7 Hari

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali, Lucia Dyah Suciati mengatakan, penutupan Kebun Raya Indrokilo berlangsung selama tujuh hari dimulai hari ini, Kamis (17/2/2022), hingga Rabu (23/2/2022).

Penutupan ini sebagai antisipasi penyebaran sekaligus proses sterilisasi Kebun Raya Indrokilo dari penularan virus corona.

"Jadi kami antisipasi penyebaran Covid-19 dengan mensterilkan kebun dan pegawai juga isoman dulu dengan harapan setelah tanggal 23 Februari para pegawai sudah vit kembali untuk melayani pengunjung  dan kebun juga sudah steril," kata Lucia dikonfirmasi Kompas.com, Kamis.

Menurut Lucia, pegawai Kebun Raya Indrokilo yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 ada satu orang. Hasil swab pegawai tersebut keluar pada Senin (14/2/2022) siang.

Kemudian, kata Lucia beberapa staf Kebun Raya Indrokilo mengalami gejala batuk dan demam.

Khawatir tertular Covid-19, pihaknya memilih menutup sementara operasional Kebun Raya Indrokilo.

"Kalau yang sudah langsung swab hasilnya positif ada satu orang. Tapi yang bergejala demam dan batuk ada lima," ungkap Lucia.

Pihaknya pun meminta kepada seluruh pegawai dan staf Kebun Raya Indrokilo terutama yang mengalami gejala batuk dan demam untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah.


Selama penutupan berlangsung, ungkap Lucia Kebun Raya Indrokilo dibersihkan dan disterilkan dengan cara penyemprotan cairan disinfektan.

"Proses sterilisasi dan pembersihan Kebun Raya Indrokilo untuk mengantisipasi agar kebun ini tidak menjadi sumber penyebaran virus kepada para pengunjung maupun pegawai, sehingga seminggu ke depan harapkan lokasi ini sudah steril," kata Lucia.

Kebun Raya Indrokilo dibuka dengan berbayar sejak Januari 2022.

Sebelumnya, Kebun Raya Indrokilo ditutup dari kunjungan wisatawan karena pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

https://regional.kompas.com/read/2022/02/17/180249778/pegawai-positif-covid-19-kebun-raya-indrokilo-boyolali-ditutup-7-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke