Salin Artikel

Puan Maharani Tinjau Lokasi IKN, Ini Kegiatan yang Dilakukan

SAMARINDA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (16/2/2022).

Puan didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Panglima TNI Jendral Andika Perkasa dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Rombongan tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan sekitar pukul 10.00 Wita, lalu melanjutkan perjalanan darat menuju titik nol IKN di Kecamatan Sepaku, sejauh kurang lebih 80 kilometer dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. 

"Titik pertama yang dikunjungi yaitu titik nol IKN," ungkap Juru Bicara Gubernur Kaltim HM Syafranuddin, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Tiba di titik nol IKN, Puan dan rombongan mendapat penjelasan dari tim Kementerian PUPR perihal rencana pembangunan IKN dengan gambar peta yang tertempel di papan pintu masuk IKN.

Setelah dari situ, rombongan Puan bergerak menuju titik lokasi pembangunan istana presiden berjarak tak jauh dari titik nol.

"Setelah dari situ rombongan menuju Menara Pandang Bukit Soedarmono," tutur Ivan, sapaan HM Syafranuddin.

Menuju lokasi ini, awalnya Puan dan rombongan rencana menggunakan helikopter. 


Namun, cuaca kurang baik, rencana itu diubah menggunakan speedboat melalui jalur perairan Teluk Balikpapan.

Rombongan berlabuh di Pelabuhan kayu PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) di Sepaku kemudian bergerak menuju Menara Pandang Bukit Soedarmono.

Di Menara, Puan, Andika dan Tito sempat naik ke atas menara dan melihat ke arah lokasi pembangunan istana negara dari ketinggian.

Pada pukul 14.30 Wita, rombongan Puan keluar dari kawasan IKN menuju Guest House Bupati Penajam Paser Utara untuk istirahat dan makan siang, kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/16/194758078/puan-maharani-tinjau-lokasi-ikn-ini-kegiatan-yang-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke