Salin Artikel

Cegah Klaster PTM, Jam Istirahat Sekolah di Klaten Ditiadakan hingga Siswa Diminta Bawa Bekal

Salah satunya meminta peserta didik atau siswa membawa bekal sendiri dari rumah, terutama minum.

"Di sekolah itu prokesnya sangat siap. Thermogun sudah siap, westafel cuci tangan, masker dan sebagainya. Bahkan, sekarang saya tambah anak-anak harus membawa bekal dari rumah, terutama minum," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Klaten Yunanto dihubungi Kompas.com, Selasa (15/2/2022) malam.

Yunanto juga mengatakan selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) pintu gerbang sekolah ditutup.

Hal ini untuk menjaga sesuatu yang tidak diinginkan, sehingga sekolah lebih steril dan tidak ada orang lain dari luar dengan bebas keluar masuk sekolah selama PTM berlangsung.

"Tadi Ibu Bupati ke sekolah-sekolah secara dekat melihat bahwa anak-anak tertib. Bahkan, untuk istirahat kita tiadakan," ungkapnya.

Peniadaan jam istirahat bertujuan untuk menghindari terjadinya kerumunan yang bisa berpotensi memunculkan klaster.

Dia menambahkan PTM berlangsung selama enam jam tanpa istirahat. Jika sebelumnya 100 persen, sekarang dibatasi hanya 50 persen.

Pembatasan jumlah siswa yang mengikuti PTM tersebut setelah kasus Covid-19 di Klaten mengalami lonjakan dalam beberapa hari terakhir.


Yunanto menambahkan permintaan orangtua untuk kembali PTM di Klaten sangat besar.

Sehingga banyak orangtua siswa yang menginginkan anaknya kembali masuk sekolah dari pada mengikuti pembelajaran daring di rumah.

"Kita dua tahun sudah tidak masuk sekolah anak-anak itu pertama mereka tidak tahu apa-apa. Kedua, pembicaraan anak-anak itu bukan peserta didik. Sudah pembicaraan masyarakat gaul. Ketiga, budi pekertinya tidak ada. Sopan satunnya dengan guru, sama teman itu tidak ada," ucap dia.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Klaten semua sekolah baik jenjang SD hingga SMP telah melaksanakan PTM secara tebatas dengan jumlah siswa 50 persen. Adapun jumlah sekolah tersebut yakni 553 SD dan 56 SMP.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/16/062736478/cegah-klaster-ptm-jam-istirahat-sekolah-di-klaten-ditiadakan-hingga-siswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke