Salin Artikel

PPKM Level 3, Kota Magelang Tambah Lokasi Isoter

Hal ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 10 tahun 2022 tentang PPKM level 3, level 2 dan level1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Magelang tidak menampik kenaikan itu dipicu tingkat penularan Covid-19 yang terus bertambah di wilayah ini.

Hingga Senin (14/2/2022) pukul 21.00 WIB, pasien di isolasi terpusat (isoter) Hotel Borobudur Indah mencapai 63 orang, dan menyisakan 4 kamar atau ruang isolasi kosong.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan sudah menyiapkan tambahan satu lagi isoter, yakni di Wisma Sejahtera Jalan Serayu, Kecamatan Magelang Utara.

Wisma yang dikhususkan bagi pasien Covid-19 bergejala ringan maupun tanpa gejala itu itu memiliki kapasitas 30 kamar terdiri dari 60 tempat tidur.

”Kita masih negosiasi dengan hotel-hotel lainnya jika kondisinya mendesak. Tapi secara prinsip, mereka (hotel) siap dijadikan isoter apabila terjadi lonjakan kasus dan isoter yang ada sudah tidak muat lagi,” ujar Joko, kepada wartawan, Selasa (15/2/2022).

Menurut dia, tren kenaikan kasus diprediksi akan terjadi beberapa waktu terakhir seiring testing dan tracing yang genjar dilakukan Pemkot Magelang.

"Setiap hari spesimen dikirimkan dicek menggunakan whole genome sequencing (WGS). Tes ini untuk mengidentifikasi varian Covid-19 di dalam tubuh, apakah varian Omicron atau Delta,” jelasnya.


Joko optimistis, gelombang ketiga Covid-19 di Kota Magelang saat ini tidak akan separah pada pertengahan tahun 2021 lalu. Sebab angka vaksinasi lengkap secara umum telah mencapai 90 persen.

Sedangkan sisanya 10 persen mayoritas adalah lansia yang belum lolos screening saat ada vaksinasi.

Pihaknya juga menguatkan lagi Satgas Jogo Tonggo karena mereka yang akan berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di kampung masing-masing.

Joko pun memastikan sejumlah kegiatan masyarakat, seperti gelaran seni, budaya, dan olahraga serta pariwisata akan dibatasi hingga 25 persen dari total kapasitas. Hal itu sesuai dengan ketentuan Inmendagri nomor 10 tahun 2022.

”Tapi masyarakat tidak perlu panik. BOR rumah sakit masih sangat kecil 5,7 persen dan angka kematian masih zero selama 6 bulan lebih di Kota Magelang,” tuturnya

https://regional.kompas.com/read/2022/02/15/153215978/ppkm-level-3-kota-magelang-tambah-lokasi-isoter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke