Salin Artikel

Malam Ini, Lampion Imlek 2022 di Kawasan Pasar Gede dan Balai Kota Solo Dilepas

Ketua Panitia Imlek Bersama 2022 Solo, Sumartono Hadinoto mengatakan alasan melepas semua lampion di Kawasan Pasar Gede dan Balai Kota agar tidak menimbulkan kerumunan.

Pihaknya tidak ingin dengan masih dipasangnya lampion tersebut justru akan memunculkan klaster penularan dan penyebaran Covid-19.

"Nanti nak didiamkan terus malah jadi klaster (penularan). Nanti kita nyalakan terus malam kita lepas semua lampion itu," kata Sumartono dihubungi di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Sedianya, lampion Imlek tersebut terpasang di kawasan Pasar Gede dan Balai Kota sampai akhir Februari 2022.

Namun, melihat penyebaran kasus di Solo yang tinggi dan menimbulkan kerumuan, pihaknya memilih untuk melepas lampion-lampion tersebut.

"Tidak sampai akhir bulan. Sudah risiko sekali. Nanti malah kasusnya meningkat. Sementara klasternya (Solo) masih dari sekolah," ungkap dia.

"Nanti malam (lampion) kita lepas di Balai Kota dan Pasar Gede. Tapi kalau yang di Pucangsawit (kediaman mantan Wali Kota Solo) tidak tahu dilepas atau tidak," terang Sumartono.

Rencananya pemasangan lampion tidak hanya dilakukan saat perayaan Tahun Baru Imlek. 

Namun, lampion itu akan dipasang di Kawasan Pasar Gede dan Balai Kota pada perayaan hari besar keagamaan lainnya.


Rencana pemasangan lampion pada hari besar keagamaan di Solo tersebut, kata Sumartono merupakan usulan dari Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

"Pak Wawali kemarin menekankan bahwa nanti Lebaran, Natal kita harus pasang lampion. Selain panitia Imlek kita kan ada Solo Bersama Selamanya. SBS itu kan multikultural. Kemarin saya sampaikan monggo nanti panitia SBS saja," ungkap dia.

Diketahui, lampion Imlek 2022 dipasang di Kawasan Pasar Gede dan Balai Kota Solo pada akhir Januari 2022. Pemasangan lampion untuk perayaan tahun baru Imlek 2022.

Lampion tersebut sempat dinyalakan hingga Minggu (6/2/2022) malam.

Namun, mulai Senin (7/2/2022) malam dimatikan hingga berlangsung sepekan karena kerumunan dan naiknya kasus Covid-19 di Solo.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/15/144445078/malam-ini-lampion-imlek-2022-di-kawasan-pasar-gede-dan-balai-kota-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke