Salin Artikel

Jual Motor Rental untuk Biaya Nikah, Pengantin Pria di Maluku Ditangkap Polisi Usai Akad

AMBON, KOMPAS.com - Aparat Polres Pulau Buru mengungkap alasan penipuan dan pencurian sepeda motor yang dilakukan oleh Kasman (22), seorang pemuda asal Desa Grandeng, Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru, Maluku.

Menurut polisi, Kasman nekat menipu warga dan membawa kabur tiga sepeda motor mereka karena kepepet tidak punya uang untuk menikahi kekasihnya.

“Dia melakukan itu (pencurian) karena tersangka ini tidak punya uang untuk biaya menikah,” kata Paur Subbag Humas Polres Pulau Buru, Aipda Djamaludin kepada Kompas.com via telepon, Jumat (11/2/2022).

Djamaludin mengungkapkan, modus operandi yang dilakukan pelaku adalah dengan cara menyewa sepeda motor dari rental. Setelah sepeda motor didapat, pelaku langsung membawanya dan menjualnya.

Adapun tiga sepeda motor warga yang berhasil dibawa kabur pelaku yakni  motor Jupiter Z new warna biru, motor Honda Beat warna putih biru dan motor Honda Beat warna merah. Tiga sepeda motor itu kini telah diamankan polisi sebagai barang bukti.

“Saat ini tiga sepeda motor hasil kejahatan tersangka telah kita amankan sebagai barang bukti,” katanya.

Perbuatan tersangka ini membuat resah warga di Namlea, Kabupaten Buru. Warga yang merasa dirugikan melapor kepada polisi.


Usai mendapat laporan itu, polisi langsung melakukan penyelidikan dan akhirnya menangkap tersangka di Kota Ambon.

Atas perbuatannya itu, tersangka dijerat dengan pasal 378 dan atau pasal 372 ancaman hukuman empat tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, tim Marsegu dari Polres Pulau Buru menangkap seorang pria bernama Kasman (22), seorang pemuda asal Desa Grandeng, Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru di Kota Ambon pada Selasa (8//2/2022).

Kasaman ditangkap saat sedang melangsungkan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Baguala. Setelah ditangkap dia langsung dibawa ke kantor Polsek Baguala untuk diinterogasi.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/11/200528578/jual-motor-rental-untuk-biaya-nikah-pengantin-pria-di-maluku-ditangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke