Salin Artikel

41,7 Persen Orangtua di Padang Panjang Belum Beri Izin Anaknya Divaksin, Ini Alasannya

PADANG, KOMPAS.com--Sebanyak 2.400 atau 41,7 persen orang tua anak usia 6 sampai 11 tahun di Padang Panjang Sumatera Barat belum memberikan izin anaknya untuk divaksin.

"Secara keseluruhan, target vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun yaitu sebanyak 5.749 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang Faizah, Selasa (8/2/2022) melalui telepon.

Menurut Fauziah, ada beberapa alasan orangtua anak tersebut belum memberikan izin anaknya untuk divaksin, salah satunya masih takut dan ragu.

"Ada juga yang ingin melihat efek samping kepada anak yang sudah menerima vaksin. Setelah melihat anak yang divaksin, maka baru mereka juga memberikan izin," katanya.

Faizah mengatakan, vaksin hanya diberikan kepada anak yang orangtuanya sudah memberikan izin.

"Kami sebelumnya sudah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada orangtua anak tentang vaksinasi tersebut. Bagi orangtua yang tidak memberikan izin anaknya divaksin, maka tidak akan diberikan," katanya.

Lebih jauh dikatakan Faizah, proses pemberian vaksinasi kepada anak usia 6 sampai 11 tahun sama dengan yang lainnya.

Mulai dari dilakukan screening untuk memastikan riwayat kesehatan sebelum diberikan vaksin.

"Untuk pemberian vaksin kepada anak usia 6 sampai 11 tahun ini sudah kita lakukan sejak beberapa hari yang lalu," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/08/152151178/417-persen-orangtua-di-padang-panjang-belum-beri-izin-anaknya-divaksin-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke