Salin Artikel

Heboh Warga Lamongan Temukan 5 Ekor Kobra di Bawah Lemari Dapur, Ini Cara Aman Hadapinya

KOMPAS.com - Keluarga Rahmad Tri Utomo di Desa Wonorejo, Lamongan, Jawa Timur, panik saat menemukan lima ekor ular kobra di rumahnya. Kelima ekor ular berbisa itu berada di bawah lemari dapur.

"Kejadian Minggu (6/2/2022) kemarin. Pemilik rumah, melaporkan adanya ular kobra di dalam rumahnya sekitar pukul 12.50 WIB," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lamongan Amri, saat dihubungi, Senin (7/2/2022).

Usai menerima laporan dari Rahmad, Amir segera menerjunkan empat personelnya. Petugas terpaksa membongkar lantai untuk mengevakuasi kelima ekor ular itu.

Kelima ekor ular kobra itu merupakan satu induk dan empat anak-anaknya.

Kejadian serupa pernah terjadi di Makassar, Selasa (29/12/2020) sekitar pukul 10.00 Wita.

Saat itu, Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar Hasanuddin mendapat laporan ada belasan anak ekor ular di halaman rumah di Jalan Kejayaan Selatan 19, Blok K BTP, Kecamatan Tamalanrea, Makassar.

Tim Animal Rescue Ton 2 Dinas Damkar Kota Makassar pun menurunkan 5 personelnya untuk menangkap ular-ular tersebut. Hasilnya, 17 anak ular berhasil ditangkap dalam waktu 43 menit.

"Laporannya (ular) liar. Mungkin baru menetas," kata Hasanuddin saat menjawab pertanyaan wartawan, Selasa siang.

Salah satunya adalah ular tersebut hendak mencari mangsa berupa tikus, cicak dan katak.
Hewan-hewan tersebut biasanya ditemukan di sekitar rumah warga.

Selain itu, kata Janu, ular termasuk hewan berdarah dingin dan tak memiliki kemampuan navigasi yang baik.

"Ular membutuhkan suhu ruang yangg hangat untuk membantu metabolisme. Lalu, karena tidak memiliki navigasi yang baik, kadang ular akan kesasar masuk rumah dari lobang di rumah dimiliki bagian dari rumah tidak ditutup," katanya.

Cara aman hadapi ular kobra

Menurut pria berpangkat Kopral Satu di Kesatuan Brigade Infanteri (Brigif) 6 Kostrad di Surakarta, saat ada ular kobra masuk ke dalam rumah diharapkan tenang dan tidak membuat gerakan yang provokatif.

Setelah itu, segera mencari bantuan dari petugas Damkar, relawan atau komunitas penyelamat ular.

"Ular kobra sangat berbisa dan diusahakan untuk tidak tergigit. Namun, jia tergigit segera lakukan lakukan pembidaian dan pastikan lokasi yang tergigit tidak bergerak. Setelah itu identifikasi gigitan dan bawa ke rumah sakit," katanya.

Janu menjelaskan, hal yang paling penting adalah keselamatan warga. Namun demikian, menurutnya, tidak semua ular memiliki bisa mematikan.

Ada beberapa jenis ular yang tidak berbisa atau berbisa rendah dan jika menggigit tidak menyebabkan kecacatan bahkan kematian.

(Penulis: Kontributor Gresik, Hamzah Arfah, Kontributor Makassar, Himawan | Editor : Dony Aprian, Phytag Kurniati) 

https://regional.kompas.com/read/2022/02/07/175544978/heboh-warga-lamongan-temukan-5-ekor-kobra-di-bawah-lemari-dapur-ini-cara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke