Salin Artikel

Transmisi Lokal Terjadi di Padang, 98 Persen Sampel Probable Omicron

PADANG, KOMPAS.com - Penyebaran virus corona varian omicron transmisi lokal di Padang Sumatera Barat sudah terjadi. Dalam dua hari terakhir, 98 persen sampel pemeriksaan memiliki hasil probable omicron.

"Yang jelas sudah terjadi transmisi lokal di Kota Padang," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Padang Melinda Wilma, Rabu (4/2/2022) melalui telepon.

Lebih jauh dikatakan Melinda, berdasarkan hasil pemeriksaan 22 sampel dalam dua hari terakhir hanya satu sampel yang negatif.

"Berdasarkan pemeriksaan sampel pada tanggal 2 dan 3 Februari lalu yang berjumlah 22 sampel, 21 sampel hasilnya probable omicron," ujarnya.

Dikatakan Melinda, untuk hasil pemeriksaan lebih akurat harus diperiksa ke pusat. Sebab labor Unand hanya sampai probable omicron.

"Untuk lebih pastinya, sampel harus diperiksa ke pusat," ujarnya.

Melinda mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak mudah terpapar virus kesehatan.

"Selain itu masyarakat harus memperkuat imun agar tidak mudah terpapar virus corona," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Padang hingga Jumat (4/2/2022) jumlah kasus positif Covid-19 secara keseluruhan sebanyak 42.366 kasus, yang sudah sembuh sebanyak 41.715 kasus dan meninggal 554 orang.

Kasus probable varian Omicron yaitu kasus konfirmasi Covid-19 yang hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan positif S-Gene Target Failure (SGTF) atau uji deteksi Single Nucleotide Polymorphism (SNP) berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) mengarah ke varian Omicron.

Sedangkan, kasus konfirmasi varian Omicron adalah pasien positif Covid-19 dengan hasil pemeriksaan sekuensing positif Omicron SARS-CoV-2.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/04/132259278/transmisi-lokal-terjadi-di-padang-98-persen-sampel-probable-omicron

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke