Salin Artikel

Kabar Baik, 22 Pasien Covid-19 Varian Omicron di Banten Sembuh, Tersisa 2 Kasus

SERANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti menyebut 22 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian omicron di Banten sudah sembuh.

Kini, masih ada dua pasien yang terpapar Omicron sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) dan proses penyembuhan.

"Saat ini 22 kasus sudah sembuh dan 2 kasus masih dirawat isoman," kata Ati kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (3/2/2022).

Disebutkan Ati, untuk kasus positif Covid-19 varian omicron secara keseluruhan di Banten ada 24 kasus.

Tersebar di dua Kota di Tangerang Raya, yakni 19 kasus di Kota Tangerang Selatan dan 5 kasus di Kota Tangerang.

Sedangkan kasus probable Omicron di Banten terus bertambah menjadi 719 kasus.

Dijelaskan Ati, jasus probable varian Omicron yaitu kasus konfirmasi Covid-19 yang hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan positif S-Gene Target Failure (SGTF) atau uji deteksi Single Nucleotide Polymorphism (SNP) berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) mengarah ke varian Omicron.

"Kasus probable omicron tersebar di delapan kabupaten-kota dan terbanyak di Tangerang Raya," ujar Ati.

Untuk itu, Ati meminta kepada masyarakat untuk mengikuti program vaksin dosis pertama dan kedua bahkan ketiga agar meringankan gejala jika terpapar Covid-19 varian omicron.

"Jika gejala ringan maka menurunkan angka kematian, jadi vaksin Covid-19 bukan kita terhindar. Tapi, menurun gejala," kata Ati.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta masyarakat di Provinsi Banten untuk mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid 19 dengan taat pada protokol kesehatan.

"Angka kasusnya (positif Covid 19) cenderung meningkat dalam beberapa hari terakhir. Kita harus mengantisipasi datangnya gelombang ketiga dengan taat menerapkan prokes," kata Andika.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/03/130036578/kabar-baik-22-pasien-covid-19-varian-omicron-di-banten-sembuh-tersisa-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke