Salin Artikel

Pelaku Penggelapan Ditangkap, Korbannya Ponsel untuk Belajar Daring Pelajar SMP

Pelaku berinisial FM (30), warga Sukadamai RT 70/RW 14, Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.

Menurut Kapolsek Bandungan Iptu Ari Parwanto, pelaku ditangkap saat berada di persembunyiaanya di Lingkungan Sidorejo Kelurahan Bergas Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang pada Senin (31/1/2022).

"Tersangka ini sudah beraksi beberapa kali. Bahkan salah satu korbannya adalah seorang pelajar SMP di Desa Jimbaran Kecamatan Bandungan, yang ponselnya digunakan untuk pembelajaran jarak jauh," jelasnya, Selasa (1/2/2022).

Namun, lanjut Ari, tersangka ditangkap atas laporan Priyo Wibowo, warga Dusun Tlogosari Kelurahan Banyukuning, Kecamatan Ambarawa.

"Sekira Oktober 2021, korban Priyo selaku pemilik counter Elang Cell, didatangi tersangka untuk membeli ponsel Vivo Y12s," ungkapnya.

Setelah terjadi kesepakatan harga, tersangka dengan membawa ponsel yang masih tersegel tersebut, meminjam ponsel Oppo A92 milik korban dengan alasan menghubungi rekannya untuk mengambilkan uang.

Namun di saat korban lengah, dua ponsel tersebut langsung digondol tersangka.

Oleh korban, kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Bandungan pada Kamis (28/1/2022). "Atas laporan tersebut, petugas melakukan penyelidikan dan menangkap tersangka," kata Ari.

Setelah diinterogerasi petugas, diketahui tersangka setidaknya telah beraksi di lima lokasi. Selain ponsel, FM juga melakukan penggelapan dan penipuan satu unit sepeda motor Honda Scoopy dan uang Rp 2 juta di wilayah Kecamatan Bandungan dan Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.

Ari menambahkan saat ini penyidik sedang melakukan pengembangan atas kasus ini. "Kami melakukan penyidikan mendalam atas kasus penggelapan ini apabila dimungkinkan ada TKP lain. Untuk pelaku dijerat Pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang Penipuan dan penggelapan, dengan ancaman hukuman empat tahun penjara," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/02/111905678/pelaku-penggelapan-ditangkap-korbannya-ponsel-untuk-belajar-daring-pelajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke