Salin Artikel

Beli Senjata Api Revolver Rakitan, Pria di Riau Ditangkap Polisi, Ini Kronologinya

Senjata api rakitan itu dipesan dan telah dimodifikasi sedemikian rupa mirip dengan senjata api jenis revolver.

Pria pemesan senjata api rakitan itu berinisial GIR (39), warga Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

"Jadi, barang bukti yang diamankan, satu pucuk diduga senpi bentuk rakitan dari senjata replika airsoftgun menjadi bentuk revolver beserta dua butir peluru tajam dengan kaliber 2.2 mm, empat butir peluru tajam kaliber 9 mm yang ditemukan di tas pinggang milik pelaku, delapan butir peluru ramset serta dua unit handphone," jelas Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (1/2/2022).

Tak kantongi izin 

Menurut Sunarto, GIR diamankan karena tak memiliki izin untuk penggunaan senjata api itu. Selain itu, senjata api yang dipesan GIR itu disimpan di dalam sebuah boneka.

Diduga kuat tindakan itu untuk mengelabui petugas kepolisian dan atau pegawai ekspedisi.

Seperti diketahui, kasus itu terungkap setelah polisi mendapat informasi soal adanya pengiriman senjata api melalui jasa ekspedisi.

"Setelah dilakukan pemeriksaan dalam paket ditemukan di dalam boneka tersebut diduga satu pucuk diduga senjata api rakitan beserta dua butir diduga peluru tajam," kata Sunarto.

Selain itu, GIR mengaku ikut dalam klub menembak bernama Walet Shooting Club.

"Namun, senjata ini sudah dimodifikasi sesuai permintaan pelaku. Diduga pelaku memiliki klub menembak di samping rumahnya dengan nama "Walet Shooting Club" untuk latihan menembak," jelas Sunarto.

(Penulis: Kontributor Kompas TV Pekanbaru, Citra Indriani | Editor: Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2022/02/01/160951478/beli-senjata-api-revolver-rakitan-pria-di-riau-ditangkap-polisi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke