Salin Artikel

Uang Rp 76 Juta Hangus dalam Kebakaran, Pemilik: Itu Uang Kuliah, Anak Saya Histeris

Rumahnya hangus dalam kebakaran yang terjadi pada Selasa (1/2/2022) pukul 07.00 Wita.

Tak hanya itu, uang miliknya sebesar Rp 76 juta juga ludes terbakar dan tak bersisa.

“Anak saya sempat menangis histeris, saya hanya katakan sama dia untuk tetap bersabar, Insha Allah akan ada hikmahnya,” ujar Hamka, pemilik uang tersebut.

Uang kuliah anaknya

Menurut Hamka, uang tersebut disimpan untuk persiapan pembayaran uang kuliah sang anak.

Adapun anak Hamka kini sedang berkuliah dan memasuki semester 2 jurusan Kedokteran di salah satu perguruan tinggi di Makassar.

“Sebanyak Rp 76 juta, itu untuk pembayaran uang kuliah anak saya masuk semester 2 di Jurusaan Kedokteran gigi di UMI Makassar,” kata Hamka saat dikonfirmasi di lokasi.

Selamatkan sang anak, uang hangus terbakar

Menurut Hamka, uang itu tidak sempat diselamatkan karena api dengan cepat merembet dari rumah indekos sebelah ke rumahnya. Hamka saat itu memprioritaskan untuk menyelamatkan anak-anaknya.

“Sudah tidak sempat karena saya selamatkan dulu anak-anak, kemudian motor dan mobil saya, api juga sudah membakar bagian atas rumah hingga di dalam kamar, jadi saya sudah tidak sempat masuk,” ucap Hamka.

Namun karena hari libur, ia menunda rencana tersebut sampai akhirnya api melalap rumahnya.

Sebelumnya diberitakan, uang puluhan juta rupiah hangus terbakar dalam peristiwa kebakaran dua rumah di Jalan Ahmad Razak, Kelurahan Binturu, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (1/2/2022) pukul 07.00 Wita.

Uang sebesar Rp 76 juta itu terbakar di rumah seorang warga bernama Hamka.

"Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menyebabkan dua unit rumah terbakar, di mana satu unit rumah indekos yang terbakar para penghuninya selamat karena sebagian dari mereka pada pagi hari keluar bekerja," kata Kapolsek Wara Selatan, AKP Marthen, Selasa (1/2/2022).

Dia membenarkan ada uang puluhan juta milik warga yang ikut terbakar habis.

"Sementara rumah milik Hamka, uangnya hangus terbakar sebanyak Rp 76 juta,” kata Marthen.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo, Andi Musakkir mengatakan, dua unit rumah yang terbakar tersebut yakni satu unit rumah indekos milik Kartini yang dihuni 23 orang. Sedangkan satu lagi adalah rumah permanen milik Hamka.

“Rumah kos itu berbahan tripleks dan perkakas kayu sehingga api dengan cepat menghanguskan seluruh isi rumah dan merambat ke satu rumah permanen,” kata Musakkir, saat dikonfirmasi di lokasi, Selasa (1/02/2022). 

https://regional.kompas.com/read/2022/02/01/144156978/uang-rp-76-juta-hangus-dalam-kebakaran-pemilik-itu-uang-kuliah-anak-saya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke