Salin Artikel

Kronologi 4 Pejabat di Cianjur Diduga Terpapar Omicron, Bermula Seorang ASN Tak Pakai Masker

Para pejabat tersebut menjalani isolasi mandiri di pusat isolasi Bumi Ciherang Cianjur.

Dari empat orang itu, dua di antaranya menduduki jabatan kepala dinas. Bupati Cianjur Herman Suherman membenarkan informasi tersebut. 

Namun, tidak bersedia menyebutkan identitas para anak buahnya itu termasuk tempat kerja mereka.

“Ya betul ada yang kena, tapi soal Omicron tidaknya masih menunggu hasil uji sampel dari Labkesda Provinsi,” kata Herman kepada Kompas.com saat ditemui di Pendopo, Senin (31/1/2022).

Herman menyebutkan, kasus ini bermula dari seorang aparatur sipil negara (ASN) yang diduga abai terhadap protokol kesehatan.

“Jadi, ada salah satu pegawai yang positif dan berkomunikasi dengan pegawai lain tidak memakai masker, jadinya ada beberapa yang ikut kena,” ujar dia.

“Soal kronologi lengkapnya bisa ditanyakan langsung ke satgas ya,” ucap Herman.

Diketahui lewat tes saat hendak ke luar kota

Juru Bicara Pusat Percepatan Penanganan Covid-19 Cianjur Yusman Faisal menyebutkan, empat kerabat dari para pejabat itu juga turut terpapar Covid-19.

Sehingga, total ada delapan orang yang diduga terpapar varian Omicron di Cianjur.

“Jadi yang kena itu empat orang ASN, dan sisanya keluarga dan kerabat mereka,” kata Yusman.


Salah seorang pejabat yang terpapar Covid-19, kata Yusman, memiliki riwayat perjalanan ke luar kota.

Menurutnya, pejabat itu baru pulang dari luar kota pada 23 Januari. Pejabat itu hendak berangkat ke luar kota karena ada urusan tertentu pada 28 Januari.

“Nah, saat di-swab antigen ternyata hasilnya positif. Kita langsung lakukan tracing dan swab antigen didapat tujuh orang yang kena,” ujar dia.

Yusman menjelaskan, dari delapan pasien itu, enam orang menjalani isolasi di Bumi Ciherang Cianjur. Sisanya menjalani isolasi mandiri.

“Gejala yang dirasakan sakit tenggorokan, batuk pilek disertai sakit kepala. Karena gejalanya mengarah ke sana (omiron), sampel langsung kita kirim ke labkesda provinsi,” ujar Yusman.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/01/080735278/kronologi-4-pejabat-di-cianjur-diduga-terpapar-omicron-bermula-seorang-asn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke