Salin Artikel

Malam Imlek di Kelenteng Tien Kok Sie Solo, Sembahyang Dilakukan secara Terbatas dan Bergantian

Pantuan Kompas.com, sembahyang dilakukan umat sekitar pukul 21.00 WIB, tampak mereka secara bergantian memantik api di dupa dan menyalakan lilin.

"Malam Imlek ini menaikkan persuguhan dari pengurus ke umat, tadi juga memeringati kelahiran Buddha Maitreya, dan nanti dilanjutkan sembahyang bersama untuk akhir tahun," ujar Pengurus Kelenteng Tien Kok Sie Solo, Cakra, kepada Kompas.om setelah sembahyang, Senin (31/1/2022).

Selama pandemi Covid-19, ada beberapa penyesuaian saat melakukan sembahyang di Kelenteng.

"Tadi hanya 20-30 orang untuk malam Imlek, bisanya bisa menampung 50 orang lebih," jelasnya.

"Durasi masih sama antara satu setengah jam hingga satu jam untuk satu prosesi, kita batasi masuknya kalau udah penuh kita tahan dulu," lanjutnya.

Pembatasan umat di dalam kelenteng dilakukan agar tidak menimbulkan krumunan didalam kelenteng.

Serta dilakukan perketatan protokol kesehatan (Prokes) secar menyeluruh, tampak umat diwajibkan mengunakan masker, cuci tangan, cek suhu hingga wajib vaksim dua kali.

"Acaranya tidak terlalu banyak, jadi kita melakukan ibadah secara terbatas serta ada kesadaran dari umat tidak sepenuhnya datang ke kelenteng bagi yang sehat dan menghindari krumunan didepan (kelenteng)," ujar dia.

Cakra menjelaskan tahun ini di Kelenteng Tien Kok Sie Solo, tidak menggelar ritual mandi Buddha, yang bisanya dilakukan setiap tahunnya sebelum pandemi Covid-19.

"Rencananya kami tidak akan mengelar mandi Buddha, tapi kami ganti dengan nara persembahan saja," jelasnya

Sementara itu, umat lain di Kelenteng Tien Kok Sie Solo, Tian Wisnu Wardhana (23) merasakan kemeriahan malam Imlek tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Yang bisanya adanya pertunjukan barongsai, panggung pertunjukan hingga pesta kembang api ditiadakan.

"Sebelumnya kemeriahan lebih meriah sebelum pandemi, tapi kekhusukannya dan niatanya tetap sama," tutur Tian, kepada Kompas.com, Senin (31/1/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/02/01/063254478/malam-imlek-di-kelenteng-tien-kok-sie-solo-sembahyang-dilakukan-secara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke