Salin Artikel

Korban Tewas akibat Pesta Miras Oplosan di Jepara Bertambah Jadi 5 Orang

Dengan demikian, jumlah korban meninggal dunia akibat dampak menenggak gingseng bercampur soda tersebut menjadi lima orang.

Kapolsek Mlonggo Iptu Sudi Tjipto mengatakan korban tewas kelima akibat gingseng oplosan yaitu IA (19) pemuda Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo, Jepara.

IA meninggal dunia di rumah orangtuanya pada Senin (31/1/2022) sore.

"Meninggal dunia sore ini sekitar pukul setengah empat dan langsung dimakamkan," kata Tjipto saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Senin malam.

Untuk diketahui, empat pemuda asal Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah tewas bergilir usai pesta minuman keras jenis gingseng yang dioplos dengan minuman ringan berkarbonasi.

Berdasarkan data Satreskrim Polres Jepara, keempat korban yaitu SG (20), JR (20), FY (20) dan DJ (21).

Kasat Reskrim Polres Jepara AKP M Fachrur Rozi menyampaikan dari hasil visum luar tim medis Puskesmas Mlonggo tidak ditemukan unsur penganiayaan pada fisik korban.

Dada empat korban teridentifikasi menghitam akibat pengaruh mengonsumsi miras oplosan.

"Meninggal dunia akibat menenggak miras oplosan, gingseng dicampur minuman bersoda," kata Rozi saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Senin (31/1/2022).


Dijelaskan Rozi, sebelum insiden nahas itu terjadi keempat korban beserta sejumlah temannya pesta gingseng oplosan di salah satu warung remang-remang di Desa Karanggondang pada Jumat (28/1/2022) malam sekitar pukul 22.30 WIB.

Sekitar 10 pemuda tersebut, sambung Rozi, pesta miras hingga Sabtu (29/1/2022) sore.

"Mereka minum gingseng dioplos dengan minuman bersoda. Kemudian setelah pesta miras para pemuda tersebut pulang ke rumah dalam keadaan mabuk berat, namun empat korban sampai hari Minggu belum sadarkan diri hingga akhirnya meninggal dunia," kata Rozi.

SG (20) dan JR (20) tewas di rumah pada Minggu (30/1/2022) tengah malam.

Disusul kemudian FY (20) tewas di rumah pada Senin (31/1/2022) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Sementara itu DJ (21) nyawanya tak tertolong saat menjalani perawatan di RSI Jepara pada Senin (31/1/2022).

"Keluarga korban melapor ke perangkat desa setempat," kata Rozi.

Satreskrim Polres Jepara saat ini masih mendalami kasus pesta miras oplosan yang merenggut nyawa empat pemuda warga Desa Karanggondang tersebut.

Sejumlah saksi termasuk pemilik warung remang-remang akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Untuk dua saksi yang ikut pesta miras masih diperiksa dan dirawat di Puskesmas Mlonggo karena mengeluh sakit di dada. Untuk empat saksi lainnya belum diketahui Identitasnya dan keberadaanya," pungkas Rozi.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/31/220013478/korban-tewas-akibat-pesta-miras-oplosan-di-jepara-bertambah-jadi-5-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke