Salin Artikel

Penembak Pegawai BRI Link Ternyata Residivis Perampokan, 2 Video Aksinya di Bulan Ini Viral

Dua video aksi tindak kriminalnya bahkan viral di media sosial di pekan yang sama.

Direktur Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Lampung Komisaris Besar Reynold Hutagalung mengatakan, dua aksi pelaku ini terjadi dalam pekan yang sama pada Januari 2022.

"Dua kasus yang menewaskan korbannya terjadi hanya dalam waktu lima hari, di Lampung dan Sumatera Selatan," kata Reynold di RS Bhayangkara, Minggu (30/1/2022).

Selain itu, pelaku AF adalah target daftar pencarian orang (DPO) dari beberapa polres.

"Pelaku AF tergolong sadis dalam melakukan aksinya, pelaku tidak segan melukai korban dengan senjata api," kata Reynold.

AF sendiri tewas setelah ditembak polisi dalam proses penangkapan yang dilakukan anggota Polda Lampung di Desa Pemetung, Kecamatan BP Peliung, Kabupaten OKU Timur, Sabtu (29/1/2022) sore.

Video kasus perampokan pertama AF yang viral adalah aksinya merampok Bank BRI Link Way Bungur, Lampung Timur, hingga menewaskan seorang pegawai pada Senin (21/1/2022) sore.

Pegawai BRI Link bernama Leli Agustin (20) tewas ditembak di bagian kepala. Pelaku juga mengambil uang sebesar Rp 50 juta.

Selang lima hari kemudian, pelaku beraksi di wilayah OKU Timur pada Jumat (25/1/2022) pagi.

Korban bernama Budi Sadmoko (35) tewas ditembak di tugu perbatasan antara Desa Cahya Makmur, Kabupaten OKI, dan Desa Cahya Bumi, Kabupaten OKU Timur.

Korban Budi ditembak di depan anak dan istrinya, kemudian pelaku membawa kabur motor N-Max milik korban.

Perampokan lain

Berikut track record aksi curas yang dilakukan AF berdasar catatan Polda Lampung yang disampaikan Reynold:

  • Pada 2016 pelaku pernah ditangkap oleh Polda Sumatera Selatan (Sumsel) dengan kasus pencurian kekerasan (curas/pembegalan).
  • Pada 2018, pelaku masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres OKI dengan kasus pembegalan dan korban meninggal dunia.
  • Pada 2020, pelaku terlibat perampokan di wilayah Demak, Jawa Tengah, dan dijebloskan ke Lapas Kendal.

"Pelaku AF ternyata juga buronan dari Lapas Kendal di Jawa Tengah pada Maret 2021 lalu. Pelaku ditahan dengan kasus perampokan," kata Reynold.

Diberitakan sebelumnya, Leli Agustin (20) yang merupakan pegawai BRI Link di Kecamatan Way Bungur, Lampung Timur, tewas ditembak oleh perampok.

Mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama (NU) Lampung Timur yang baru 15 hari bekerja itu ditembak dua kali ketika hendak menghentikan pelaku yang mau kabur.

Perampokan bersenjata itu terjadi di BRI Link milik Tri Lestari di jalan lintas timur (jalintim) Desa Tambah Subur, Kecamatan Way Bungur, pada Jumat (21/1/2022) sekitar pukul 17.15 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/31/075603278/penembak-pegawai-bri-link-ternyata-residivis-perampokan-2-video-aksinya-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke